AHY Klarifikasi soal Kesiapan Berkompetisi di Pilpres 2024

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 20/02/2020 22:37 WIB
AHY Klarifikasi soal Kesiapan Berkompetisi di Pilpres 2024 AHY dalam satu acara. (Foto: ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memberikan klarifikasi terkait dengan pemberitaan yang menyebutnya siap untuk berkompetisi pada 2024 kelak di Pilpres.

Juru Bicara AHY Agust Jovan Latuconsina menuturkan pihaknya perlu memberikan klarifikasi terkait dengan pemberitaan yang keliru soal AHY dan pencalonan presiden pada 2024. Peristiwa itu terjadi saat AHY datang ke Kupang, NTT pada Selasa (18/2) lalu.

"Saya perlu sampaikan AHY tak memiliki inisiatif untuk bicara capres 2024, apalagi menyatakan diri sebagai capres," kata Agust dalam rilisnya, Kamis (20/2).


Dia menjelaskan ketika ada pertanyaan wartawan soal capres 2024, AHY menjawab dirinya saat ini ingin memfokuskan pada amanat yang diemban oleh Partai Demokrat, di antaranya adalah mendengarkan masalah dan mengetahui aspirasi masyarakat. Sehingga, kata Agust, tidak ada pernyataan soal kesiapan mengenai capres 2024 dalam wawancara itu.

"Saat ini, AHY sekali lagi lebih fokus untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi tugas-tugasnya sebagai Wakil Ketua Umum PD untuk mengonsolidasikan Partai Demokrat guna memenangkan Pilkada serentak 2020," tegasnya.

[Gambas:Video CNN]

Agust menegaskan kunjungan AHY di Kupang adalah safari konsolidasi terakhir untuk 34 provinsi di Indonesia. Sebelumnya, AHY sempat menjadi kandidat Gubernur DKI Jakarta pada 2017 berpasangan dengan birokrat Sylviana Murni. Namun, pasangan itu dikalahkan oleh duo Anies Baswedan dan Sandiaga Uno.

Klarifikasi itu juga terkait dengan pemberitaan sebelumnya yang menyebut 'AHY Nyatakan Ingin Maju di Pilpres 2024' pada Rabu (19/2). (asa)