Nadiem Janji Tebus Tiga Dosa Pendidikan

CNN Indonesia | Jumat, 21/02/2020 07:56 WIB
Nadiem Janji Tebus Tiga Dosa Pendidikan Menteri Nadiem berjanji bakal menghapus tiga dosa pendidikan yang menurutnya tidak bisa ditoleransi, yakni kekerasan seksual, bullying, dan intoleransi. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengungkap ada tiga dosa dalam dunia pendidikan Indonesia yang perlu segera ditangani.

Dosa-dosa yang dimaksud Nadiem adalah kesalahan yang berulang kali terjadi dalam sistem pendidikan. Menurutnya, butuh pembenahan sistem untuk menghapus dosa-dosa tersebut.

"Buat saya ada tiga dosa. Dosa intoleransi, dosa kekerasan seksual, dan dosa bullying (perisakan). Ini tiga dosa yang buat saya tidak bisa diterima sama sekali," kata Nadiem di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (20/2).


Nadiem mengakui sudah banyak aturan yang dikeluarkan merespons kejadian-kejadian itu. Namun ia merasa peraturan yang ada tidak dijalankan secara efektif sehingga belum menuai hasil maksimal.

Mantan Bos Gojek itu menyatakan tidak bisa menghapus tiga dosa itu sendirian karena wewenang Mendikbud terbatas. Dia berharap ada kekompakan antarlembaga negara dalam mengatasi tiga masalah tersebut.

"Bagaimana kita bisa bukan hanya penguatan karakter, dan mengimbau, dan melatih, tapi juga harus ada tindakan tegas yang bisa dilakukan di setiap jenjang terhadap tiga dosa ini," ucapnya.

Nadiem berjanji bakal mencari cara untuk menyetop ketiga dosa tadi terulang lagi. Namun ia meminta waktu untuk bisa melakukannya.

"Penegasan dan penegakan ini yang benar-benar harus di-push, tapi tolong berikan kami waktu untuk menemukan jalan keluarnya. Ini sudah menjadi suatu wabah yang luar biasa parah, semuanya," ujar Nadiem. (dhf/wis)