Massa Aksi 212 Ramai, Kawat Berduri Tutupi Akses ke Istana

CNN Indonesia | Jumat, 21/02/2020 15:22 WIB
Massa Aksi 212 Ramai, Kawat Berduri Tutupi Akses ke Istana Ilustrasi kawat berduri. (CNN Indonesia/Puput Tripeni Juniman)
Jakarta, CNN Indonesia -- Akses jalan menuju Istana Kepresidenan Jakarta ditutup oleh kawat berduri jelang Aksi 212 dengan tema 'Berantas Korupsi', Jumat (21/2) siang.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, kawat berduri dipasang di Jalan Medan Merdeka Barat, tepatnya di depan Gedung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Aparat kepolisian pun terlihat berjaga di belakang kawat berduri. Beberapa kendaraan taktis Barracuda dan Water Cannon juga bersiaga di sekitar lokasi.


Lalu lintas di Jalan Medan Merdeka Barat sudah sepenuhnya ditutup. Sebelum dipasangi kawat berduri, jalur tersebut sempat bisa dilewati oleh kendaraan bermotor.


Hingga berita ini ditulis, massa aksi terus berdatangan ke kawasan Patung Kuda, mereka terlihat membawa bendera merah putih serta poster bertuliskan, 'Tangkap Sindikat KPK Gate', 'Ayo Selamatkan NKRI dari Rezim Korup' 'Berantas Mega Korupsi Selamatkan NKRI'.

"Tangkap Harun Masiku, sudah 40 hari menghilang," kata salah seorang orator melalui pengeras suara.

[Gambas:Video CNN]
Aksi 212 ini dilakukan oleh Front Pembela Islam (FPI), Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Ulama, dan Persaudaraan Alumni (PA) 212.

Sekretaris Umum FPI Munarman mengatakan aksi itu dilakukan lantaran aparat penegak hukum dianggap belum menunjukkan sikap serius untuk menuntaskan kasus korupsi yang diduga merugikan negara triliunan rupiah.



(ygi/arh)