Orang Terkaya ke-7 RI Beri Ratusan Gerobak ke Anies untuk UKM

CNN Indonesia | Jumat, 21/02/2020 18:35 WIB
Orang Terkaya ke-7 RI Beri Ratusan Gerobak ke Anies untuk UKM Bos Mayapada Group Dato Sri Tahir. (Foto: CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerima bantuan swasta dari Mayapada Group untuk pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Jakarta. Bantuan yang diberikan Mayapada ialah dalam bentuk gerobak dan booth untuk berjualan.

"Dan yang menarik dari program ini, kita tadi menerima 210 gerobak dan 20 booth UMKM," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (21/2).

Berdasarkan keterangan resmi bantuan itu senilai Rp900 juta.


Bos Mayapada Group sendiri, Dato Sri Tahir relatif dikenal publik. Ia merupakan 'langganan' daftar orang terkaya di Tanah Air versi Majalah Forbes dalam beberapa tahun belakangan.

Pada 2019, Forbes mendaulat Tahir sebagai orang terkaya ke-7 di Indonesia. Nilai kekayaan yang ada di kantongnya mencapai US$4,8 miliar pada tahun ini.


Lebih lanjut Anies menjelaskan bahwa bantuan ini untuk membantu para pedagang yang memiliki usaha kuliner. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menyalurkan bantuan ini kepada para pedagang yang tergabung dalam program Jakprenuer sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku.

"Teman-teman sekalian yang pernah melakukan perbandingan bisa menyaksikan bahwa street vendor, pedagang-pedagang di tepi-tepi jalan atau pedagang di tempat yang khusus untuk kuliner, mereka memiliki desain yang cukup unik," ujar Anies.

"Jadi harapannya ini nanti, Jakpreneur ini akan tumbuh berkembang dan lebih banyak yang terlibat," lanjut dia.

[Gambas:Video CNN]

Anies menerangkan bahwa Jakpreneur yang digagas oleh DKI adalah program untuk menyokong wirausaha muda di Jakarta. Di dalam program ini, para pedagang dibina agar mampu bersaing dalam usaha.

Terakhir, Anies sempat memuji Dato Sri Tahir terkait bantuan yang diterima DKI. Anies memuji Tahir lantaran memberi bantuan tanpa menyematkan embel-embel perusahaan sebagai pemberi bantuan.


Hal ini diungkapkan Anies sebagai contoh bahwa Mayapada Group memiliki fokus untuk pengembangan ekonomi di Jakarta.

"Coba perhatikan di sini. Adakah tulisan Mayapada? Tidak ada! Pak Tahir, bapak mengirimkan pesan kepada semua, inilah cara bapak menunjukkan kepada semua. This is about Jakarta. This is about the future of our economy," kata Anies. (ctr/asa)