Kemendikbud Soal Susur Sungai di Turi: Harus Ada Izin Sekolah

CNN Indonesia | Jumat, 21/02/2020 23:08 WIB
Kemendikbud menyebut kegiatan susur sungai SMPN 1 Turi di Yiogyakarta mestinya seizin sekolah dan mendapat bimbingan guru. Ilustrasi Pramuka. (ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyebut kegiatan siswa di luar sekolah, seperti susur sungai yang dilakukan Pramuka di SMPN 1 Turi, Yogyakarta, mesti seizin sekolah dan mendapat bimbingan guru.

"Aturan kegiatan di luar sekolah harus seizin dari sekolah dan berada dalam bimbingan guru," kata Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat Kemendikbud Ade Erlangga kepada CNNIndonesia.com, Jumat (21/2).

Dia menyebut program di luar sekolah memang bermanfaat dalam rangka menunjang pendidikan karakter, pengenalan lingkungan, dan melatih kepemimpinan.


"Namun pihak sekolah harus mempertimbangkan aspek keselamatan Siswa dari berbagai gangguan baik yang bersifat, fisik, sosial dan psikologis yang bisa menimbulkan dampak negatif bagi peserta didik," tuturnya.

Ade juga menyebut pihaknya bakal mendatangi SMP Negeri 1 Turi Kabupaten Sleman, Yogyakarta, untuk menindaklanjuti kasus siswa terserat arus sungai, pada Senin (24/2).

Sebab, saat ini perkara tersebut masih jadi ranah aparat kepolisian dan tim evakuasi.

[Gambas:Video CNN]
"Hari Senin tim Direktorat SMP (Kemendikbud) akan menuju ke lokasi," ujar dia.

Terpisah, Kepala Bidang Humas Polda DIY Kombes Pol Yuliyanto menyatakan pihaknya belum memeriksa pihak sekolah ataupun guru terkait perizinan kegiatan ini.

"Karena sekarang fokusnya masih evakuasi korban," ucapnya, dikutip dari CNN Indonesia TV.

Sebelumnya, 239 siswa SMPN 1 Turi yang tengah menggelar susur sungai terkait kegiatan Pramuka terseret arus yang meluap akibat hujan deras. Sejauh ini, enam siswi dinyatakan meninggal dunia.

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo menyebut anak-anak dilarang melakukan susur sungai.

"Petunjuk Melaksanakan Susur Sungai, pertama, susur sungai hanya boleh dilakukan oleh orang dewasa dan terlatih," ucapnya, dalam keterangan tertulisnya.

"Kedua, anak-anak dan remaja dilarang susur sungai. Ketiga, susur sungai dilakukan musim kemarau," tandas Agus.

(fey/arh)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK