Bantah Dinasti, Mantu Jokowi Klaim Ingin Mengabdi pada Medan

CNN Indonesia | Jumat, 21/02/2020 23:41 WIB
Bantah Dinasti, Mantu Jokowi Klaim Ingin Mengabdi pada Medan Mantu Presiden Jokowi, Bobby Nasution mengaku hanya ingin mengabdi pada tempat kelahirannya dengan menjadi wali kota (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mantu Presiden Joko Widodo, Bobby Afif Nasution membantah ingin turut membangun dinasti politik dengan cara maju dalam pilwalkot Medan, Sumatera Utara 2020. Dia mengklaim hanya ingin mengabdi pada tempat kelahirannya.

"Ya bukan dinastilah. Kita ingin membuat, ingin berbuat di suatu daerah kita, tempat lahir kita di sana. Saya rasa bukan dinastilah," kata Bobby kepada wartawan usai bertemu dengan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Jumat (21/2).

Ia mengaku sudah berbicara dengan Jokowi terkait langkahnya yang hendak maju sebagai cawalkot Medan. Ada sejumlah pesan yang dititipkan.


"Sarannya, tetap jadi diri sendiri saja. Kalau masuk ke dunia baru harus sabar, harus belajar yang profesional di dunia barunya," ungkap Bobby.

Terkait dukungan dari partai politik dalam pencalonannya, suami dari Kahiyang Ayu itu menyampaikan bahwa dirinya masih menunggu serta berdoa. Ia juga mengaku tengah menjalin komunikasi agar bisa bertemu dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dalam waktu dekat.

"Mudah-mudahan, kita lagi komunikasi, mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa ketemu dengan Megawati," ujar Bobby.
Selain Bobby, anggota keluarga Jokowi yang juga ingin maju Pilkada 2020 adalah Gibran Rakabuming Selain Bobby, anggota keluarga Jokowi yang juga ingin maju Pilkada 2020 adalah Gibran Rakabuming (ANTARA FOTO/R. Rekotomo)

Tunggu Rekomendasi Prabowo

Dalam kesempatan yang sama, Ketua DPD Gerindra Sumut Gus Irawan Pasaribu menyatakan bahwa kewenangan dalam memberikan rekomendasi terkait kepala daerah yang diusung berada di tangan Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Menurutnya, DPD Sumut telah menyelesaikan seluruh proses dan segera memberikan laporan ke DPP Gerindra.

"Saya ditanya proses Medan sampai mana, kami sampaikan bahwa prosesnya sudah kita selesaikan di tingkat DPD, segera akan dilaporkan tertulis ke pusat," tutur Irawan.

Ia mengakui terdapat nama petahana Akhyar Nasution yang juga telah mendaftarkan diri untuk didukung DPD Gerindra Sumut sebagai cawalkot Medan 2020.

Menurutnya, Gerindra akan memproses nama Akhyar dan Bobby untuk dipilih DPP Gerindra sebagai cawalkot Medan yang akan diusung di Pilkada 2020 mendatang.

"Kita umumkan secara terbuka, siapapun datang akan datang kita proses, nanti finalnya ada di pusat," ungkap Irawan.

Sejauh ini, Bobby telah mendapatkan dukungan dari Partai NasDem untuk maju sebagai cawalkot Medan 2020. Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menyatakan dukungan kepada Bobby untuk bertarung dalam Pilwalkot Medan 2020 karena berdasarkan survei yang diadakan NasDem didapati bahwa Bobby memiliki rekam jejak terbaik.

"Untuk Bobby cukup jelas, NasDem memberikan dukungan sepenuhnya," kata Surya usai meresmikan Kantor DPW NasDem Sumut di Medan, Kamis (20/2).
[Gambas:Video CNN]
Surya menyebutkan hasil survei menunjukkan elektabilitas dan kapabilitas Bobby baik sekali. Bobby juga dinilai menonjol dibandingkan sosok lainnya. Surya bahkan memuji menantu Jokowi itu sebagai calon yang terbaik untuk diusung NasDem.

"Mungkin kompetitornya belum terlalu menonjol menurut saya. Saya lihat sampai saat ini, saya tidak tahu perkembangan ke depan seperti apa. Kalau menurut saya sampai saat ini memang Bobby yang terbaik," jelasnya.

Bobby juga telah mendaftar ke beberapa partai lain untuk mendapatkan tiket. Namun, belum ada partai yang secara resmi mengumumkan bakal mengusung Bobby di Pilwalkot Medan 2020.
(mts/bmw)