Jadwal Daftar KIP Kuliah dan SNMPTN Buat Calon Mahasiswa Baru

CNN Indonesia | Minggu, 23/02/2020 02:31 WIB
Jadwal Daftar KIP Kuliah dan SNMPTN Buat Calon Mahasiswa Baru Ilustrasi KIP Kuliah. (ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto).
Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menargetkan 818 ribu mahasiswa penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah. Pendaftaran KIP Kuliah dilakukan selama kurang lebih 30 hari di bulan Maret.
Selain itu, bagi calon mahasiswa yang belum punya KIP tetap bisa mendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Mereka disarankan tetap melakukan pendaftaran SNMPTN sesuai jadwal yang sudah diatur, yakni 14 sampai 27 Februari 2020.

Berdasarkan keterangan tertulis dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), untuk mendapat KIP Kuliah, calon mahasiswa tinggal mendaftarkan diri melalui situs https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id. Mereka  diberikan waktu finalisasi pendaftaran SNMPTN dan KIP Kuliah dari awal Maret sampai 31 Maret 2020.

Ini penting diperhatikan karena pendaftaran baru dianggap sah jika finalisasi sudah dilakukan. Nantinya LTMPT yang bakal melakukan sinkronisasi data bagi calon mahasiswa yang mendaftar SNMPTN dan KIP Kuliah.



Dari situ dilanjutkan ke registrasi tahap dua LTMPT yang berlangsung sejak 17 Februari sampai 5 April 2020. Ini diwajibkan bagi calon mahasiswa yang mau mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Nasional (SBMPTN) dan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Pendaftaran tahap dua bisa dilakukan untuk siswa SMA/MA/MK, peserta paket C dan Sekolah Republik Indonesia (SRI) di luar negeri lulus tahun 2018 sampai 2020, dan belum punya akun LTMPT.

[Gambas:Video CNN]
Registrasi juga bisa dilakukan siswa yang sudah punya akun, namun belum menyimpan data secara permanan pada registrasi tahap satu.

Bagi siswa lulusan sekolah di luar negeri non-SRI juga bisa mendaftar. Namun harus memiliki Surat Keterangan Penyertaan Ijazah dari Kemendikbud. Dan sekolahnya harus tercatat di Pusat Daya dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) Kemendikbud.

Registrasi tahap dua LTMPT bisa dilakukan melalui https://portal.ltmpt.ac.id dengan menginput Nomer Induk Siswa Nasional (NISN), Nomer Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan tanggal lahir siswa.

(fey/osc)