Prakiraan BMKG Soal Hujan Lebat di Jabodetabek

CNN Indonesia | Minggu, 23/02/2020 08:54 WIB
Wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) diperkirakan masih mengalami hujan lebat disertai angin kencang dan kilat. Ilustrasi. (Pixabay/B_Me)
Jakarta, CNN Indonesia -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menerbitkan peringatan dini cuaca untuk seluruh wilayah Indonesia. Prakiraan cuaca ini memuat kondisi beberapa daerah mulai 22-24 Februari 2020.

Wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) diperkirakan mengalami hujan lebat disertai angin kencang dan kilat atau petir hingga Senin (24/2).

Potensi cuaca serupa juga diprediksi terjadi di sejumlah wilayah antara lain Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, dan Papua.


Di Jakarta sendiri beberapa kawasan diguyur hujan hingga Minggu (23/2) pagi.

Sementara Pintu Air Manggarai berstatus siaga 2 lantaran hujan dengan intensitas lebat yang mengguyur Jakarta pada Sabtu (22/2) malam hingga dini hari.

Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo dikutip Antara mengatakan, status siaga juga terjadi untuk tiga pintu air lain yang terhubung dengan Banjir Kanal Barat, Sungai Sunter, dan aliran Ciliwing.

Hingga pukul 05.40 WIB tercatat terdapat 23 laporan genangan dengan ketinggian antara 40-70 cm di seluruh kawasan Provinsi DKI Jakarta.

Sementara BPBD DKI Jakarta menyatakan, ada 10 jalan yang tergenang akibat hujan berintensitas lebat.

Dua di antaranya di Jakarta Pusat, sementara empat jalan tergenang di kawasan Jakarta Selatan dan empat lainnya di Jakarta Timur.

Tidak hanya jalanan, BPBD DKI juga mencatat hingga pagi ini ada 23 kecamatan dengan 36 kelurahan dari 1.750 Kepala Keluarga (KK) terdampak banjir dengan ketinggian 10 hingga 60 cm.

[Gambas:Video CNN] (nma/ard)