Satu Pasien Isolasi di RSMH Palembang Negatif Corona

CNN Indonesia | Senin, 24/02/2020 21:36 WIB
Satu Pasien Isolasi di RSMH Palembang Negatif Corona Ilustrasi. (CNNIndonesia/Rosyid)
Palembang, CNN Indonesia -- Satu pasien yang dirawat di ruang isolasi khusus RSUP Dr Mohammad Hoesin (RSMH) Palembang, Sumatera Selatan dinyatakan negatif dari virus corona berdasarkan hasil tes darah yang bersangkutan.

Kepala Dinas Kesehatan Sumsel Lesty Nuraini mengatakan, tim dokter RSMH Palembang telah dua kali melakukan tes darah milik pasien berinisial TH, warga Jalan Tanah Mas, KM14, Kabupaten Banyuasin tersebut di Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes) Kemenkes RI pada 17 Februari dan 21 Februari.

"Hasilnya dinyatakan negatif virus corona. Pasien yang bersangkutan menderita pneumonia atau radang paru-paru. Kita lakukan tes dua kali sebagai bentuk antisipasi dan memastikan," ujar dia, Senin (24/2).


Hasil tes laboratorium tersebut sesuai dengan dugaan awal tim dokter RSMH Palembang yang merawat TH. Tim dokter pada Selasa (25/2) akan melakukan rapat apakah TH masih akan dirawat di rumah sakit atau dipulangkan.

"Untuk kondisi pasien sekarang sudah berangsur membaik. Besok tim akan rapat apakah pasien dipulangkan atau masih akan dirawat," kata dia.

Sementara itu, Ketua tim Penyakit Infeksi Emerging (PIE) RSMH Palembang Zen Ahmad berujar, TH mengalami radang paru-paru atau yang disebut infeksi saluran pernapasan akut (ISPA). Sejak dirawat, ia meyakini TH tidak terjangkit virus corona.

"Pasien ini hanya terkena radang paru-paru akibat bakteri biasa. Tidak ada hubungannya dengan virus," ujar dia.

Zen mengungkapkan kondisi TH saat ini telah membaik. Bahkan, dalam beberapa hari ke depan ia diizinkan pulang.

"Kalau memang sudah sehat tentu tidak perlu dirawat lagi. Kondisinya pasien sekarang sudah bisa makan, tidur dan mulai membaik," ujar Zen. (idz/wis)