Geledah Rumah, Polisi Selidik Dugaan Sumber Radioaktif Ilegal

CNN Indonesia | Selasa, 25/02/2020 02:52 WIB
Geledah Rumah, Polisi Selidik Dugaan Sumber Radioaktif Ilegal Polisi meneruskan penyelidikan temuan zat radioaktif di Perum Batan Indah lewat penggeledahan, dengan dugaan ada kepemilikan sumber zat secara ilegal. (CNN Indonesia/Thohirin)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bareskrim Mabes Polri melanjutkan penyelidikan temuan zat radioaktif di kawasan kompleks perumahan Batan Indah, Serpong, Tanggerang Selatan dengan melakukan penggeledahan.

"Penyidik hari ini telah melakukan penggeledahan di sebuah rumah milik warga di komplek Batan," kata Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) saat dikonfirmasi, Senin (24/2).

Namun Asep masih enggan untuk merinci hasil dari penggeledahan tersebut lantaran pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan.


Sementara itu, Kepala Bagian Humas dan Protokol Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten), Abdul Qohhar menjelaskan bahwa penyelidikan yang dilakukan oleh kepolisian mengarah pada dugaan penguasaan beberapa sumber radioaktif atau bagian dari sumber radioaktif secara tidak sah, di salah satu rumah warga.


"Pelaksanaan tindak lanjut adanya penguasaan secara tidak sah ini merupakan bentuk kerja sama aktif antara Bapeten dengan pihak Kepolisian untuk segera menemukan pelaku," kata Abdul melalui keterangan resmi.

Menurut dia, penemuan itu merupakan titik terang dari penyelidikan yang sedang dilakukan untuk menelusuri penemuan zat cesium 137 itu. Polisi pun hingga saat ini masih memeriksa pemilik rumah tersebut.

Di sisi lain, hasil pemeriksaan oleh Bapeten sebelumnya menyatakan dua dari sembilan warga Perumahan Batan terkontaminasi zat radioaktif jenis cesium-137.

"Jadi dari 9 itu, 7 orang enggak terukur, sedangkan ada 2 orang yang terukur," kata Sekretaris Utama Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten), Hendriyanto Hadi Tjahyono di Gedung Balai Kota Tangerang Selatan, Jumat (21/2).

Namun, menurut Hadi, kontaminasi cesium-137 terhadap dua warga tersebut nilainya sangat kecil dengan nilai rincian masing-masing 0,12 dan 0,5 milisievert.


[Gambas:Video CNN]


(mjo/end)