Banjir Jakarta, 3 Koridor Transjakarta Lumpuh, 2 Tergenang

CNN Indonesia | Selasa, 25/02/2020 07:31 WIB
Banjir Jakarta, 3 Koridor Transjakarta Lumpuh, 2 Tergenang Ilustrasi. Hujan membuat sejumlah ruas jalur Transjakarta mengalami gangguan layanan. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Hujan yang mengguyur Jakarta sejak Senin malam hingga pagi hari membuat sejumlah wilayah di Jakarta banjir. Jalur Transjakarta pun tergenang dan mengalami gangguan layanan. Sejumlah koridor dan rute Transjakarta tak melayani penumpang dan sejumlah rute mengalami pengalihan jalur.

Dilansir akun Twitter resmi PT Transportasi Jakarta @PT_Transjakarta, Selasa (25/2) tiga koridor utama Transjakarta lumpuh dan tak dapat melayani pelanggan karena genangan air yang cukup tinggi.

Tiga koridor yang lumpuh adalah koridor 3 jurusan Kalideres-Pasar Baru, koridor 10 jurusan Pinang Ranti - Pluit, serta koridor 11 jurusan Pulogebang-Kampung Melayu.


Selain itu dua koridor lain mengalami pengalihan dan perpendekan jalur yang dilayani. Koridor yang terimbas adalah koridor 2 jurusan Pulo Gadung-Harmoni yang dialihkan dantidak melewati halte Bermis hingga Senen untuk kedua arah.

Sementara koridor 9 jurusan Pinang Ranti-Pluit mengalami perpendekan rute. Koridor ini hanya melayani hingga halte Grogol saja.

Berikut lima koridor Transjakarta yang mengalami gangguan layanan:

Koridor 3: Kalideres - Pasar Baru
saat ini tidak dapat melayani pelanggan karena tingginya genangan air. Selalu berhati-hati di dalam perjalanan ya, sahabat TiJe.

Koridor 2 : Pulo Gadung - Harmoni saat ini mengalami pengalihan rute dikarenakan tingginya genangan air disekitar Bermis, untuk sementara tidak melewati Halte Bermis s/d Senen untuk kedua arahnya.

Koridor 9 : Pinang Ranti - Pluit saat ini mengalami perpendekan rute menjadi Pinang Ranti - Grogol. Selalu berhati-hati di dalam perjalanan ya, sahabat TiJe.

Koridor 10 : PGC - Tanjung Priok, rute 12D : Rusun Sukapura - Sunter Kelapa Gading dan 10K : Tanjung Priok - Senen saat ini tidak dapat melayani pelanggan karena tingginya genangan air.

Koridor 11 : Pulogebang - Kp.Melayu saat ini tidak dapat melayani pelanggan karena tingginya genangan air.


Selain koridor Transjakarta yang mengalami gangguan, sejumlah rute lain yang dilayani Transjakarta juga mengalami gangguan akibat tingginya genangan. Genangan menyebabkan sejumlah rute mengalami pengalihan dan sebagian lagi lumpuh dan tak bisa melayani pelanggan. Berikut daftar 12 rute Transjakarta yang mengalami gangguan.

Rute 1M : Meruya - Blok M saat ini mengalami pengalihan rute dikarenakan tingginya genangan air disekitar Swadarma. Sementara tidak melewati plang bus stop Swadarma s/d Singgalang.

Rute 1P : Senen - Bundaran Senayan dan 1R : Senen - St.Tanah Abang saat ini tidak dapat melayani pelanggan karena tingginya genangan air.

Rute B21: Bekasi Timur - Grogol
Bekasi Timur - Grogol saat ini tidak dapat melayani pelanggan karena tingginya genangan air.

Rute 3D : Penjaringan - Rawa Buaya
Penjaringan - Rawa Buaya saat ini tidak dapat melayani pelanggan karena tingginya genangan air. Selalu berhati-hati di dalam perjalanan ya, sahabat TiJe.

Rute 4K : Pulo Gadung - Blok M
Pulo Gadung - Blok M saat ini tidak dapat melayani pelanggan karena tingginya genangan air. Selalu berhati-hati di dalam perjalanan ya, sahabat TiJe.

Rute 4F : Pinang Ranti - Pulogadung
Pinang Ranti - Pulogadung saat ini tidak dapat melayani pelanggan karena tingginya genangan air. Selalu berhati-hati di dalam perjalanan ya, sahabat TiJe.

[Gambas:Video CNN]

Rute 6A :
Ragunan - Monas via Kuningan saat ini tidak dapat melayani pelanggan karena tingginya genangan air.

Rute M2 : Pulo Gadung - Harmoni saat ini mengalami pengalihan rute dikarenakan tingginya genangan air disekitar Bermis, untuk sementara arah Harmoni tidak melewati Halte Bermis s/d Pedongkelan.

Rute M11 : Pulo Gadung - Pulogebang saat ini mengalami pengalihan rute dikarenakan tingginya genangan air disekitar Bermis, untuk sementara arah Harmoni tidak melewati Halte Bermis s/d Bus stop Balap Sepeda.

Rute 9A : PGC - Grogol saat ini mengalami perpendekan rute menjadi PGC - Harapan Kita.

Rute 9M : Pinang Ranti - Halimun saat ini mengalami perpendekan rute menjadi Pinang Ranti - Setiabudi Utara AINI. Selalu berhati-hati di dalam perjalanan ya, sahabat TiJe.

Mikrotrans rute JAK 34, JAK 60, JAK 24, JAK 39, JAK 61, JAK 59, JAK 75, JAK 02, JAK 40, JAK 77, JAK 27, JAK 26, JAK 74 sementara tidak dapat beroperasi melayani pelanggan karena tingginya genangan air.

Selain itu, rute JakLingko juga terganggu. JAK Lingko  nomor 54, 60, 24, 39, 61, 59, 07, 75, 02, 27, 26, 43, 10, 04, 50, 53, 112, 33, 72, 06, 85, 41, 20, 13, dan 38 untuk sementara tidak dapat melayani pelanggan karena tingginya genangan air.

(eks/eks)