Usai Bertemu Golkar, PKS Pertimbangkan Dukung Menantu Jokowi

CNN Indonesia | Rabu, 26/02/2020 08:48 WIB
Usai Bertemu Golkar, PKS Pertimbangkan Dukung Menantu Jokowi Sekjen PKS Mustafa Kamal mengaku menimbang nama Bobby Nasution di Pilkada Medan. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sekretaris Jenderal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mustafa Kamal mengatakan pihaknya mempertimbangkan untuk mendukung menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Bobby Nasution, dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kota Medan 2020.

Hal itu disampaikan usai pertemuan antara Presiden PKS Sohibul Iman dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto di Kantor DPP Golkar, Jakarta, Selasa (25/2).

"Nanti kami coba timbang-timbang, meskipun kami juga punya tahapan pembahasan secara internal," kata Mustafa.


Ia mengatakan dalam pertemuan dua pimpinan partai ini dibahas kemungkinan berkoalisi di sejumlah daerah dalam Pilkada serentak 2020. Pembicaraan pun masih dalam tahap penjajakan.

Menurutnya, masing-masing partai saling memberi gambaran tentang calon yang nantinya bakal diusung di sejumlah daerah. Dalam pembicaraan disinggung Pilkada Kota Medan dan Kota Depok.

"Jadi kami minta tolong apa yang kami komunikasikan di sini itu dibicarakan secara bertahap di level daerah, apakah kabupaten, kota, provinsi, sehingga ketika sudah mengikat di bawah ke atas juga lebih mulus prosesnya," ujarnya.

Sementara untuk Pilkada Kota Solo, Mustafa mengaku masih melihat dinamika yang terjadi belakangan ini. Menurutnya, PKS memantau konstelasi politik di kota yang pernah dipimipin Jokowi itu.

[Gambas:Video CNN]
Diketahui putra sulung Jokowi Gibran Rakabuming Raka berencana maju sebagai calon wali kota Solo. Gibran saat ini tengah menunggu hasil keputusan DPP PDIP terkait sosok calon yang diusung.

"PKS meski jaraknya jauh dengan PDIP tetapi kami termasuk partai yang berikutnya, yang mempunyai kursi di (DPRD) Kota Solo," tuturnya.

Mustafa mengatakan bahwa tak harus kader sendiri yang didukung oleh PKS dalam setiap gelaran Pilkada, termasuk di Kota Solo. Ia pun menginginkan ada calon lain yang ikut serta dalam pesta demokrasi lima tahunan di Surakarta.

"Politik lokal itu penting ya untuk mewarnai perpolitikan Indonesia ke depan dan Solo dikenal yang memberikan sumbangsih kader-kader bangsa," ujarnya.

Dalam pertemuan itu, Golkar maupun PKS berharap bisa menjalin koalisi dalam Pilkada serentak 2020.

Sebelumnya, Partai Golkar dan Partai NasDem sudah lebih dulu menyatakan dukungannya bagi Bobby di Pilkada Medan.

Wakil Ketua DPP Golkar, Ahmad Doli Kurnia Tanjung mengatakan sejak awal partai berlambang Pohon Beringin itu sudah memberikan dukungan kepada Bobby.

"Sejak awal kami di Medan sudah memberikan dukungan kepada Pak Bobby," kata Doli usai membuka acara Musyawarah Daerah (Musda) Golkar Sumatera Utara (Sumut) di Medan, Senin (24/2).

Doli menyebutkan dukungan kepada Bobby Nasution untuk maju sebagai bakal calon Wali Kota Medan akan ditetapkan secara formal dalam waktu dekat.

(fra/arh)