Anies Pilih Tinjau Daerah Banjir Daripada Rapat dengan DPR

CNN Indonesia | Rabu, 26/02/2020 13:31 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan diundang Komisi V DPR untuk rapat mengenai penanganan banjir, namun dia memilih ke Rawamangun, Jakarta Timur. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat memantau Pintu Air Manggarai beberapa waktu lalu. (CNN Indonesia/Mesha Mediani)(CNN Indonesia/LB Ciputri Hutabarat)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan lebih memilih mengunjungi kawasan terdampak banjir di Pulo Gadung, Jakarta Timur ketimbang rapat di Komisi V DPR pada hari ini, Rabu (26/2).

Diketahui, Komisi V DPR mengagendakan rapat bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur Banten Wahidin Halim. Namun, hanya Basuki yang hadir.

"Meninjau penuntasan penanganan banjir di Jalan Perintis Kemerdekaan Pulo Gadung," tulis Anies lewat Instatory akun Instagram @aniesbaswedan, Rabu (26/2).


Anies terlihat mengunjungi lokasi banjir di Pulogadung bersama belasan jajarannya. Beberapa di antaranya ialah Kepala Dinas Bina Marga DKI Hari Nugroho dan Kepala Dinas Lingkungan dan Kebersihan DKI Andono Warih.

Banjir melanda sejumlah wilayah DKI Jakarta pada Selasa (25/2). Ribuan warga terdampak hingga mengungsi ke posko yang disediakan Pemprov DKI Jakarta.

Banjir juga terjadi di wilayah Jawa Barat dan Banten. Dampaknya tak kalah besar dari banjir yang melanda Jakarta.

Berkenaan dengan itu, Komisi V DPR lalu memanggil Gubernur DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono selaku perwakilan pemerintah pusat juga diundang.

Namun, tidak ada gubernur yang hadir. Anies Baswedan, Ridwan Kamil dan Wahidin Halim tidak kunjung datang. Hanya Basuki dan jajarannya yang memenuhi undangan Komisi V DPR.
[Gambas:Video CNN]
Anies diwakili oleh Asisten Deputi Gubernur Bidang Tata Ruang Pemprov DKI Jakarta Vera Revina Sari, Ridwan diwakili oleh Sekda Pemprov Jabar Setiawan Wangsaatmaja, serta Wahidin diwakili oleh Sekda Pemprov Banten Al Muktabar.

"Rapat yang begitu pentingnya seperti ini, Pak Menteri saja sudah berkenan hadir, seluruh mitra kota berkenan hadir, kenapa yang lainnya tidak, untuk apa kita hadir di sini kalau yang berkepentingan saja tidak ada di sini," ujar anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi PDIP Sadarestuwati.

Banjir sendiri masih menggenangi sejumlah wilayah di DKI Jakarta pada Rabu pagi (26/2). Sebagian rute kereta commuter line tidak bisa dilalui lantaran rel tergenang air.

Sejumlah jalan juga tergenang. Meski tidak sampai membuat akses terputus, para pengendara sepeda bermotor tetap harus ekstra hati-hati saat melintas.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyatakan masih ada 142 yang terendam banjir pada Rabu pagi (26/2). Turun dari hari sebelumnya yang mencapai 236 RW terdampak banjir.
(ctr/bmw)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK