188 ABK WNI World Dream Telah Berada di KRI Soeharso

CNN Indonesia | Rabu, 26/02/2020 20:16 WIB
188 ABK WNI World Dream Telah Berada di KRI Soeharso KRI dr. Soeharso. (CNN Indonesia/Ramadhan Rizki Saputra)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebanyak 188 Anak Buah Kapal (ABK) kapal pesiar World Dream telah berhasil dipindahkan ke KRI Soeharso yang akan membawanya ke Pulau Sebaru Kecil di Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

Kadispenal Laksamana Pertama TNI Mohamad Zaenal mengatakan lebih dari seratus ABK itu berhasil dipindahkan dari kapal World Dream ke KRI Soeharso di perairan Selat Durian, Kepulauan Riau. Selanjutnya, mereka akan dibawa ke Pulau Sebaru Kecil untuk dikarantina dan observasi risiko virus corona (Covid-19).

"WNI ABK MV. World Dream yang dievakuasi sejumlah 188 orang terdiri dari 172 laki-laki dan 16 perempuan, seluruhnya telah dinyatakan negatif Covid-19," kata Zaenal melalui rilis yang diterima CNNIndonesia.com, Rabu (26/2).


Proses evakuasi, kata Zaenal, berjalan lancar. Transfer ini juga dilakukan dengan menggunakan sekoci atau Transfer Boat MV World Dream menuju KRI Soeharso.

Setelah berhasil naik ke KRI Soeharso, para ABK itu langsung menjalani prosedur pemeriksaan sesuai standar operasional dari protokol medis yang berlaku.

"Selanjutnya akan bergerak menuju Pulau Sebaru, Kepulauan Seribu, diperkirakan akan tiba tanggal 28 Februari," kata Zaenal.

188 ABK WNI World Dream Telah Berada di KRI Soeharso
[Gambas:Video CNN]
Proses evakuasi ini juga, kata Zaenal, melibatkan sejumlah kementerian dan lembaga terkait seperti Kementerian Kesehatan dan instrumen di bawahnya.

Proses observasi untuk 188 ABK World Dream itu akan digelar di Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu. Sebanyak 280 anggota tim gabungan telah diberangkatkan ke Pulau Sebaru Kecil. Pasukan gabungan itu telah diberangkatkan dengan menggunakan KRI Banda Aceh dari Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

(tst/kid)