Anies: Banjir Jakarta Sudah Surut 100 Persen

CNN Indonesia | Rabu, 26/02/2020 20:44 WIB
Anies: Banjir Jakarta Sudah Surut 100 Persen Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan semua wilayah di Jakarta telah terbebas dari banjir. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan banjir Ibu Kota telah surut sepenuhnya. Anies mengatakan dirinya dan jajaran sudah mengecek ke seluruh wilayah Jakarta memastikan banjir telah surut.

"Alhamdulillah sore ini sudah bisa dibilang 100 persen surut," kata Anies di kawasan Ancol, Jakarta, Rabu (25/2).

Anies menyatakan bahwa banjir telah surut sejak pukul 15.00 WIB. Pada malam nanti seluruh wilayah Jakarta terbebas dari banjir.


"Sisa tadi ada lima lokasi tapi prosesnya cepat, Insya Allah malam hari ini sudah tuntas. Tadi saya bersama jajaran berkoordinasi di lokasi yang tadi masih ada genangan," beber dia.

Selain mengecek genangan air, Anies memastikan logistik para pengungsi sudah terpenuhi. Selain itu, posko kesehatan disebutnya siap melayani warga yang permanen mengungsi ataupun yang pulang pergi.

"Semua kebutuhan tidak ada hambatan, di sistem drainase juga, sehingga proses penyurut air bisa dilakukan tanpa hambatan pos pos sendiri masih berfungsi," tegas dia.

Terakhir, Anies menyinggung soal ketidakhadirannya di Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi V DPR RI. Menurut Anies, fokusnya lebih kepada penanganan masyarakat korban banjir. Dia mengatakan telah mendisposisikan ke pejabat DKI lainnya untuk hadir dalam rapat di Komisi V.

"Saya tadi kirim wakil dari Pemprov DKI jadi bukan tidak hadir," singkat dia.

Rencananya RDP pagi tadi di Komisi V menghadirkan sejumlah pejabat kementerian dan tiga kepala daerah untuk membahas banjir yang melanda wilayah Jabodetabek.

[Gambas:Video CNN]
Selain Anies, Komisi V juga memanggil Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur Banten Wahidin Halim. Namun ketiga kepala daerah tidak hadir dengan alasan berbeda. Dalam rapat Komisi V itu Anies diwakili oleh Asisten Deputi Gubernur Bidang Tata Ruang Pemprov DKI Vera Revina Sari.

Hujan dan banjir melanda Jakarta, kemarin. Setidaknya ada 294 RW yang terendam banjir dengan jumlah warga yang sempat mengungsi kira-kira 15 ribu jiwa. Penyebab banjir sejauh ini disebut karena curah hujan tinggi.

Curah hujan pada 25 Februari sebesar 278 mm/hari berdasarkan Stasiun Meteorologi Kemayoran, menyebabkan beberapa pintu air mengalami kenaikan status siaga dan sungai meluap. (ctr/wis)