Plt Sekjen KKP Antam Novambar Tetap Berstatus Anggota Polri

CNN Indonesia | Kamis, 27/02/2020 19:09 WIB
Plt Sekjen KKP Antam Novambar Tetap Berstatus Anggota Polri Wakabareskrim Polri, Irjen Pol Antam Novambar. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Polri Kombes Pol Asep Adi Saputra mengatakan Irjen Pol Antam Novambar tidak perlu berhenti jadi polisi setelah ditunjuk sebagai Plt Sekjen Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

"Saat ini beliau juga masih aktif melaksanakan tugas selaku Wakabareskrim," kata Asep kepada wartawan di Gedung Bareskrim Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (27/2).

Ia menerangkan, Antam diwajibkan untuk keluar dari institusi Bhayangkara tersebut bila telah ditetapkan Sekjen definitif di kementerian yang kini dipimpin politikus Gerindra, Edhy Prabowo.


Antam, kata Asep, akan memasuki masa purnatugas atau pensiun pada tahun ini.

"Apabila ada sebuah rotasi jabatan atau mutasi beliau akan meninggalkan Polri lalu bertugas di KKP secara penuh, tidak lagi Plt," katanya.

Antam menggantikan Nilanto Perbowo yang diangkat sebagai Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan. Upacara pelantikan itu dipimpin Menteri KKP Edhy Prabowo pada Rabu (26/2).

"Pergantian ini adalah hal normal dalam organisasi, penyegaran," kata Edhy melalui keterangan tertulis, Rabu (26/2).

[Gambas:Video CNN]
Antam pribadi menjabat sebagai Wakabareskrim sejak Juni 2016. Ia sebelumnya ditugaskan sebagai Direktur Tindak Pidana Narkoba.

Antam juga pernah menjabat sebagai Direktur Kriminal Umum Polda Bali, Direktur Pencegahan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), dan Kepala Biro Korwas PPNS Badan Reserse Kriminal Polri pada 2015.

Terakhir, sosok ini sempat mencoba untuk menjadi Pimpinan KPK periode 2019-2024. Ia bersaing dengan beberapa rekanan polisi lain, yang salah satunya adalah Irjen Firli Bahuri. Firli sendiri kemudian terpilih jadi komisioner KPK dan menjadi ketua di sana.

(mjo/kid)