Pesawat Sewaan Jokowi ke AS Bisa Mengudara hingga 14 Jam

CNN Indonesia | Jumat, 28/02/2020 18:29 WIB
Pesawat Sewaan Jokowi ke AS Bisa Mengudara hingga 14 Jam Ilustrasi pesawat kepresidenan. Istana mengklaim pesawat Boeing 777-300 ER milik Garuda Indonesia yang disewa Jokowi bisa menghemat anggaran dan memangkas 2 hari perjalanan ke AS jadi 14 jam. (Foto: Aloysius Jarot Nugroho)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menyatakan, pesawat tipe Boeing 777-300 ER milik Garuda Indonesia yang disewa untuk kunjungan kerja Presiden Joko Widodo ke Amerika Serikat bertujuan menghemat anggaran dan efisiensi waktu. Menurut Budi, pesawat sewaan itu bisa terbang selama 14 jam.

"Waktu tempuh maksimal penerbangan dari Boeing 777-300ER adalah 14 jam, sehingga penerbangan dari Jakarta ke Las Vegas, lokasi KTT berlangsung dapat ditempuh hanya dengan satu kali transit," ucap Heru seperti dikutip dari keterangan Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Jumat (28/2).

Jika dibandingkan dengan pesawat kepresidenan Indonesia-1 (BBJ-2) yang digunakan Jokowi selama ini, kata Heru, perjalanan menuju AS dapat memakan waktu hingga dua hari. Sebab, pesawat harus transit di beberapa tempat.

"Manfaat lainnya dengan waktu maksimal penerbangan di atas 12 jam adalah tempat transit dapat dipilih negara yang aman dari penyebaran virus corona," kata Heru.

Meski tak memperinci biaya yang dikeluarkan, menurut Heru, penyewaan pesawat ini justru menghemat anggaran. Sebab, pesawat itu dapat menampung kapasitas lebih banyak sehingga menteri yang mendampingi Jokowi dalam kunjungan kerja dapat ikut dalam satu pesawat.

"Sehingga akan jauh lebih murah dibandingkan jika para menteri ini satu per satu menggunakan pesawat komersial," ucapnya.

[Gambas:Video CNN]


Selama disewa, lanjut Heru, pesawat akan diberi lambang dan tulisan Republik Indonesia di badan pesawat. Sesuai keprotokolan negara, pesawat itu akan menjadi Pesawat Kepresidenan RI.

Pihak istana sebelumnya menyatakan menyewa pesawat tipe Boeing 777-300 ER dari Garuda Indonesia untuk kunjungan kerja Jokowi di acara ASEAN-US Summit 2020 di Las Vegas, Amerika Serikat pada Maret mendatang.

Pihak istana harus menyewa pesawat lantaran pesawat kepresidenan Boeing Business Jet (BBJ) tipe 737-800 yang selama ini digunakan tak efisien jika digunakan untuk penerbangan jarak jauh. Selain boros bahan bakar, pesawat kepresidenan BBJ juga mesti transit tiga kali menuju AS. Sementara dengan pesawat yang disewa hanya butuh transit satu kali.





Catatan Redaksi: Berita ini sebelumnya berjudul 'Pesawat Sewaan Jokowi Bisa Tempuh Jakarta-AS 14 Jam', dan telah diubah untuk meluruskan keterangan dari pihak Istana. Dengan demikian kekeliruan sebelumnya telah kami koreksi. (psp/gil)