Batan Persilakan Polisi Usut SM Jual Dekontaminasi Radioaktif

CNN Indonesia | Jumat, 28/02/2020 19:46 WIB
Batan Persilakan Polisi Usut SM Jual Dekontaminasi Radioaktif Paparan radioaktif di Perumahan Batan Indah, Tangsel. (CNN Indonesia/Thohirin).
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepala Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) Anhar Riza Antariksawan menyerahkan pengusutan dugaan pegawainya yang berinisial SM menjual jasa dekontaminasi radioaktif di situs jual beli online ke pihak kepolisian. Ia mempersilakan polisi untuk melakukan pengusutan lebih lanjut soal dugaan jual jasa dekontaminasi itu.

"Mengenai iklan itu kita serahkan ke polisi untuk melakukan penyelidikan kasus tersebut," kata Anhar saat memberikan jumpa pers di Gedung 71 Batan, kawasan Puspiptek Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Jumat (28/2).

Anhar pun tak mau menjelaskan lebih rinci terkait kebenaran dugaan SM menjual jasa dekontaminasi radioaktif di situs jual beli online tersebut. Ia hanya menyatakan sejauh ini tidak ada permintaan ke Batan untuk melakukan dekontaminasi radioaktif secara perseorangan.


"Sejauh ini, saya bisa katakan tidak pernah ada permintaan," tutur Anhar.

Lebih jauh, ia menerangkan proses pembersihan yang telah dilakukan pihaknya dalam dua pekan terakhir telah menurunkan paparan zat radioaktif secara siginifikan di kawasan Perumahan Batan Indah.

"Paparan yang saat ini ada di lokasi (Batan Indah) sudah menurun secara drastis menjadi 2 mikro sirver per jam dari yang semula 100 mikro sirver per jam," ujar Anhar.

[Gambas:Video CNN]
Dia melanjutkan, Batan sebelumnya juga telah melakukan pengeboran sedalam 40 sentimeter (cm) untuk mengambil sampel tanah yang terpapar radiasi.

Dia menerangkan pengeboran itu akan terus dilakukan dan diharapkan akan kembali menurunkan paparan radioaktif hingga ke level normal. Setelah pengeboran tinggal menunggu pembersihan oleh Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten).

"Setelah itu (clean up) selesai kita kembali melakukan remediasi dengan mengembalikan lahan yang diambil untuk memulihkan tanah dan tumbuhan kembali bersih dan untuk dijadikan taman, seperti semula," ucap Anhar.

Polisi menyita sejumlah material atau zat radioaktif Cs-137 dari rumah SM di perumahan Batan Indah, Tangerang Selatan. Polisi memastikan zat tersebut sama dengan paparan di lahan kosong sekitar wilayah itu.

Bahkan dalam penggeledahan, tak cuma Cs-137, polisi juga menemukan zat-zat radioaktif lainnya. Namun polisi tak menyebutkan secara detail temuan itu. (mjo/osc)