Menag: Saudi Gratiskan Perpanjangan Visa Umrah Terkait Corona

CNN Indonesia | Senin, 02/03/2020 15:22 WIB
Menag Fachrul Razi mengklaim Arab Saudi menjamin perpanjangan visa umrah gratis bagi jemaah yang tertunda keberangkatannya akibat kasus Virus Corona. Menag Fachrul Razi menyebut Arab Saudi menjamin perpanjangan visa jemaah umrah yang tertunda akibat Corona. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Agama Fachrul Razi menyatakan pemerintah Arab Saudi sudah memberikan jaminan izin perpanjangan visa umrah tanpa tambahan biaya bagi jemaah asal Indonesia yang keberangkatannya tertunda akibat kebijakan terkait Virus Corona.

Hal itu ia sampaikan berdasarkan informasi yang terima dari Menteri Luar Negeri Retno Marsudi beberapa waktu lalu.

"Tapi saya tanya Bu Menlu sudah. Sudah ada jaminan, menurut informasi Bu Menlu ya sudah ada jaminan dari Saudi mengizinkan untuk perpanjangan visa. Tanpa tambahan-tambahan biaya," kata dia di kantornya, Jakarta, Senin (3/2).


Lebih lanjut, Fachrul masih belum mengetahui kepastian jadwal pembukaan kembali visa umrah bagi jemaah asal Indonesia.

Ia menyatakan seluruh agen perjalanan umroh sudah sepakat untuk tak membebankan biaya atau biaya tambahan lain kepada calon jamaah.

[Gambas:Video CNN]
"Kemarin kita sepakat, baik agen perjalanan, tidak akan membebankan biaya tambahan apapun kepada jemaah," kata dia.

Selain itu, Fachrul mengupayakan agar kebijakan penghentian visa umrah oleh otoritas Saudi itu tak sampai musim haji 2020. Ia menyatakan persiapan haji 2020 sudah berjalan seperti biasanya.

"Persiapan haji sejauh ini baik-baik saja mudah-mudahan tidak ada masalah," kata dia.

Sebelumnya, Kerajaan Arab Saudi menyetop kedatangan jemaah umrah dari berbagai negara, salah satunya Indonesia, demi mencegah wabah Virus Corona.

(rzr/arh)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK