Cegah Virus Corona, PT KCI Cuci KRL Pakai Disinfektan

CNN Indonesia | Selasa, 03/03/2020 05:41 WIB
Terkait antisipasi Virus Corona, PT KCI melakukan pembersihan KRL dengan disinfektan secara rutin dan mendirikan posko kesehatan. Ilustrasi KRL. (CNN Indonesia/Daniela Dinda)
Jakarta, CNN Indonesia -- PT KAI Commuter Jabodetabek (KCI) berupaya mengantisipasi Virus Corona di KRL Commuter Line dengan melakukan pembersihan kereta secara rutin dengan memakai disinfektan.

"Dalam hal penyiapan Sarana KRL, sebelum dan sesudah beroperasi dilakukan pencucian kereta dengan standar kebersihan yang sudah ditetapkan," kata VP Coorporate Communication PT KCI Anne Purba dalam keterangan tertulis yang diterima CNNIndonesia.com, Senin (2/3).

Dia menjelaskan bahwa pembersihan dilakukan dengan bahan kimia khusus untuk pembersihan kuman. Kemudian, petugas yang membersihkan juga diberikan pelatihan khusus.


"Kami menggunakan chemical tertentu yang mengandung bahan disinfektan untuk mencegah penyebaran virus. PT KCI juga menyiagakan petugas On Train Cleaning (OTC) yang secara rutin menjaga kebersihan di dalam perjalanan KRL," jelas dia.

Anne juga mengatakan PT KCI mengimbau pengguna kereta untuk menjaga kebersihan lingkungan dan menggunakan master jika dalam keadaan tidak sehat. Pihaknya juga melarang masyarakat untuk membuang air liur sembarangan.

[Gambas:Video CNN]
"PT KCI juga secara rutin melakukan himbauan melalui akun media sosial @commuterline serta pengumuman announcer Stasiun dan di KRL terkait pencegahan penyebaran virus Corona," ujar dia.

"Imbauan menggunakan masker saat sedang flu, batuk atau dalam masa penyembuhan, serta larangan meludah sembarang di area stasiun dan di kereta," lanjut dia.

Anne menambahkan PT KCI juga memiliki posko kesehatan di 30 stasiun bagi penumpang yang mempunyai keluhan kesehatan. Jika keluhan berat, maka petugas akan mendampingi hingga ke Rumah Sakit terdekat.

Sebelumnya, Anne kerap melakukan sosialisasi dan membagi-bagikan masker di 80 stasiun pada 3, 12, dan 13 Februari.

"Kegiatan pembagian masker ini terus dilakukan sampai saat ini kepada pengguna jasa. Tidak hanya sosialisasi dan edukasi saja yang dilakukan PT KCI dalam mengantisipasi penyebaran," tutup dia.

(CTR/arh)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK