Jokowi Terima Keris Diponegoro dari Raja dan Ratu Belanda

CNN Indonesia | Selasa, 10/03/2020 12:46 WIB
Setelah diserahkan pada pemerintah RI, Keris Pangeran Diponegoro rencananya akan dipajang di Museum Nasional. Jokowi menerima Keris Pangeran Diponegoro dari Raja dan Ratu Belanda. (CNN Indonesia/Priska Sari Pratiwi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo menerima kembali keris milik Pangeran Diponegoro secara simbolik dari Raja dan Ratu Belanda, Raja Willem Alexander dan Ratu Maxima di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, Selasa (10/3).

Keris itu telah diserahkan oleh Raja Alexander melalui Dubes RI di Belanda I Gusti Agung Wesaka Puja pada 3 Maret lalu. Keris berwarna kuning tersebut saat ini disimpan dalam sebuah kotak kaca.

Dari pantauan CNNIndonesia.com, Jokowi sempat berbincang dengan Raja Alexander dan Ratu Maxima terkait keberadaan keris itu. Jokowi bersama ibu negara Iriana dan Raja serta Ratu Belanda juga sempat berfoto bersama keris.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim juga tampak dalam penyerahan keris tersebut.


[Gambas:Video CNN]

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, dan Ilmu Pengetahuan Belanda diketahui menyerahkan kembali keris milik Pangeran Diponegoro kepada Duta Besar Indonesia I Gusti Agung Wesaka Puja, setelah hilang ratusan tahun.

Keris itu rencananya akan disimpan di Museum Nasional, Jakarta.

Dilaporkan media setempat NRC pada Kamis (4/3), keris yang sempat hilang selama ratusan tahun tersebut berhasil ditemukan dalam koleksi nasional di Museum Volkenkunde, Leiden. Sebelumnya, tim peneliti telah melakukan proses identifikasi pada koleksi-koleksinya selama dua tahun.
(psp/sur)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK