Pasien Corona Meninggal, Virus Memperparah Penyakit Bawaan

CNN Indonesia
Rabu, 11 Mar 2020 13:46 WIB
WNA pasien positif corona di Indonesia meninggal dunia dengan penyakit bawaan antara lain diabetes, hipertensi, hipertiroid, dan paru obstruksi menahun. WNA pasien positif corona di Indonesia meninggal dunia dengan penyakit bawaan antara lain diabetes, hipertensi, hipertiroid, dan paru obstruksi menahun. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah menyatakan pasien warga negara asing (WNA) dengan identitas nomor 25 meninggal dunia bukan semata disebabkan virus corona Covid 19. Namun virus tersebut telah memperparah penyakit bawaannya.

Juru bicara pemerintah penanganan corona Achmad Yurianto mengatakan pasien tersebut dirawat di rumah sakit sudah dalam keadaan sakit berat.

Pasien perempuan berusia 53 tahun tersebut, kata Yuri, menderita penyakit antara lain diabetes, hipertensi, hipertiroid, dan penyakit paru obstruksi menahun yang sudah cukup lama diderita.

"Bukan karena coronavirus yang menjadi penyebab utama, tapi itu yang memperburuk kondisinya," ujar Yuri di Istana Kepresidenan, Rabu (11/3).


"Tidak pernah kita dapatkan meninggal karena coronavirus sendiri. Selalu komplikasi," tegas Yuri.


Pasien yang diidentifikasi sebagai kasus 25 ini meninggal semalam, sekitar pukul 02.00 WIB.

Yuri mengatakan kedutaan besar negara asal perempuan tersebut sudah mengetahui riwayat penyakit yang diderita oleh pasien. Kedubes kini tengah mengurus proses pemulangan jenazah ke negara asal.

"Selama perawatan (pasien) didampingi suami," kata Yuri.

[Gambas:Video CNN]


Pemerintah sebelumnya telah mengumumkan sebanyak 27 pasien positif corona menjalani perawatan di Indonesia. Dua di antaranya belakangan dinyatakan negatif corona namun masih dalam proses observasi.

Dari total 27 pasien corona, empat di antaranya adalah WNA, termasuk perempuan yang meninggal ini.

menegaskan penyebab kematian pasien tersebut bukan karena corona. Namun virus tersebut memperparah penyakit bawaannya.

(psp/gil)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER