Satu Warga Manado Positif Virus Corona Punya Riwayat Umrah

CNN Indonesia | Minggu, 15/03/2020 07:23 WIB
Satu pasien positif virus corona di kota Manado dirawat di rumah sakit sejak 9 Maret dan memiliki riwayat perjalanan ibadah umrah. Tim Medis Rumah Sakit Pertamina Jaya memeriksa suhu tubuh seorang pegawai di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Rabu (4/3/2020). (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)
Manado, CNN Indonesia -- Satu pasien positif virus corona (Covid-19) terkonfirmasi berada di Manado, Sulawesi Utara. Hal itu dibenarkan oleh Direktur Utama Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Prof. Dr. R.D Kandou Manado, Jimmy Panelewen, sebagai pihak yang merawat pasien tersebut.

"Rumah Sakit Prof Kandou sudah melakukan langkah-langkah, sesuai dengan protap yang ada," ucap Jimmy kepada wartawan, Sabtu (14/3/2020) malam.

Menurut Jimmy pasien berusia 51 tahun itu sudah diisolasi di ruang perawatan khusus sejak 9 Maret dan dikatakan dalam kondisi stabil secara klinis. Pasien disebut mengidap penyakit lain yang berkaitan dengan ginjal dan gula.


Kepala Bidang Rekam Medik RSUP Prof. Dr. R.D Kandou Manado, Hanry Takansenseran, menyatakan pasien berasal dari Sulawesi Utara dan memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri untuk ibadah umrah.

Sebelum dirujuk ke RSUP RSUP Prof. Dr. R.D Kandou Manado, pasien dirawat di Rumah Sakit Siti Maryam.

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey meminta masyarakat Sulawesi Utara terus waspada namun tidak panik. Dia juga menyarankan masyarakat mulai menghindari keramaian yang berpotensi sebagai penyebaran Covid-19.

[Gambas:Video CNN]


"Mari kita menerapkan pola hidup sehat agar menjaga imun tubuh dengan mengonsumsi makanan bergizi seperti sayur dan buah-buahan," kata Olly.

Sebelum terkonfirmasi dari pihak rumah sakit, rumor keberadaan warga Manado terjangkit Covid-19 telah beredar di media sosial sejak Sabtu pagi. Informasi soal hal ini sempat simpang siur sebab tidak ada pejabat yang mengonfirmasi.

Pernyataan dari pihak rumah sakit keluar setelah pemerintah pusat mengumumkan Manado merupakan salah satu daerah penyebaran virus corona. (ron/fea)