Sebagian Gereja Jakarta Terapkan Ibadah Online dan Streaming

CNN Indonesia | Minggu, 15/03/2020 11:51 WIB
Gereja JPCC meniadakan ibadah tatap muka antisipasi penyebaran virus corona, sedangkan katedral tetap menggelar misa sekaligus streaming. Gereja JPCC meniadakan ibadah tatap muka antisipasi penyebaran virus corona, sedangkan katedral tetap menggelar misa sekaligus streaming. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Andry Novelino).
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebagian gereja di Jakarta mulai memberlakukan ibadah secara online dan streaming mulai Minggu (15/3). Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona.

Jakarta Praise Community Church (JPCC) meniadakan ibadah tatap muka di Upperroom dan The Kasablanka. Ibadah dialihkan secara online.

"Berkaitan dengan perkembangan terakhir dan upaya pencegahan Covid-19, pertemuan ibadah JPCC selama dua minggu ke depan (15 Maret dan 22 Maret 2020) akan dialihkan menjadi ibadah online," tulis JPCC dalam akun Instagram resminya.


Ibadah online via streaming ini tersedia di Youtube Channel JPCC (www.youtube.com/jpcctv) mulai Minggu pukul 10.00 WIB sampai Senin pukul 11.00 WIB.

Selain JPCC, Gereja Kristen Indonesia Pondok Indah Jakarta juga meniadakan ibadah Minggu dan mengimbau agar jemaat tetap berada di rumah.

Pihak GKI Pondok Indah juga menyelenggarakan khotbah via streaming di https://bit.ly/gkipi_live mulai pukul 10.20 WIB.

Ibadah via streaming ini juga sesuai dengan imbauan dari Ketua Umum Persatuan Gereja Indonesia Pendeta Gumar Gultom. Ia menyampaikan agar pihak gereja bisa menyediakan alternatif untuk para jemaat yang ingin beribadat tanpa harus bertemu secara langsung.

"Baik juga dipertimbangkan ragam bentuk persekutuan dan ibadah dengan memanfaatkan media sosial dan kemajuan teknologi digital sebagai kemungkinan alternatif perjumpaan langsung," ucap Gumar seperti dalam keterangan tertulisnya.

Sementara, Gereja Katedral menerapkan ibadah via streaming untuk membantu umat yang berhalangan hadir. Demikian disampaikan Humas Katedral Susyana Suwadie.

"Live streaming ini untuk antisipasi yang sakit atau merasa lemah, sehingga tidak bisa hadir di gereka dan termasuk dalam rangka pencegahan corona," kata Susyana saat dihubungi CNNIndonesia.com, Minggu (15/3).

Susyana mengatakan misa tetap dilangsungkan selama tiga kali, mulai dari pukul 08.00 WIB, pukul 10.30 WIB, dan pukul 17.00 WIB. Adapun, live streaming ibadah Gereja Katedral dapat dilihat di https://www.youtube.com/channel/UCrp9wW8YF5VEb_7UeZx1DsQ

[Gambas:Video CNN]

(dmi/bir)