Ridwan Kamil: Mayoritas Kegiatan di Gedung Sate Dibatalkan

CNN Indonesia
Minggu, 15 Mar 2020 13:37 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membatasi kegiatan yang melibatkan massa dalam jumlah besar di wilayahnya. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membatasi kegiatan yang melibatkan massa dalam jumlah besar di wilayahnya. (CNN Indonesia/Andry Novelino).
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membatasi kegiatan yang melibatkan massa besar di wilayah Jawa Barat. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran penyakit covid-19 atau virus corona yang sudah merebak di Indonesia.

"Kegiatan publik di Gedung Sate dikurangi, mayoritas dibatalkan," ujarnya seperti dilansir dari CNN Indonesia TV, Minggu (15/3).

Ridwan mengatakan ia sudah berkomunikasi dengan pihak kepolisian agar menyisir kegiatan yang memiliki resiko penyebaran yang cukup tinggi.

"Kalau (resiko penyebaran) besar tidak diizinkan. Kalau kecil bisa terukur bisa dilakukan upaya-upaya antisipasi waspada," lanjutnya.

Kegiatan dengan resiko terukur yang dimaksud adalah kegiatan sehari-hari seperti berangkat kerja dengan angkutan umum. Karena kota-kota di Jawa Barat juga tidak dilakukan lockdown (ditutup), maka kegiatan mencari nafkah masih bisa dilakukan.

Namun, dengan antisipasi dan kewaspadaan, penyebaran virus corona bisa dilakukan dengan menjaga jarak serta memakai masker bagi warga yang sedang sakit.

Lebih lanjut Ridwan mengaku pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) agar kegiatan keagamaan yang mendatangkan banyak massa bisa dikurangi.

"Kita berdoa (karena) menjelang Ramadhan, puasa intensitas keumatan yang berdesak-desakan akan sangat intens, (semoga) ini permasalahan bisa turun," tambahnya.

Ia pun mengimbau bagi masyarakat yang masih beribadah di rumah ibadah agar berhati-hati. Untuk umat Islam, diminta agar berwudhu di rumah dan membawa sajadah sendiri ketika akan shalat di Masjid.

Peta pasien positif di Indonesia sudah menyebar hingga Jakarta, Bandung, Tangerang, Solo, Bali, Manado, Yogyakarta dan Pontianak. Per sore kemarin jumlah pasien positif corona di Indonesia mencapai 96 kasus.

Khusus di Jawa Barat kasus positif didapati di Depok, Bekasi, Bandung, Cianjur hingga Cirebon. Setidaknya ada 706 Orang Dalam Pemantauan, dan 182 Pasien Dalam Pemantauan.

[Gambas:Video CNN]

(fey/bir)
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER