Jokowi Akui Sudah Tes Corona, Hasil Belum Diketahui

CNN Indonesia | Senin, 16/03/2020 18:59 WIB
Jokowi Akui Sudah Tes Corona, Hasil Belum Diketahui Presiden Joko Widodo. (CNN Indonesia/ Priska Sari Pratiwi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo dan ibu negara Iriana Joko Widodo telah melakukan tes pemeriksaan virus corona (Covid-19) menyusul kondisi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang terinfeksi positif corona.

"Sudah, saya sudah tes. Ibu sudah tes," ujar Jokowi saat memberikan keterangan di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, Senin (16/3).

Jokowi menyatakan masih menunggu hasil tes tersebut. Ia meminta agar hasil tes covid-19 itu ditanyakan pada tim medis yang memeriksa.


"Hasilnya tanyakan ke yang ngetes. Makasih ya saya kira cukup," katanya.

Sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju juga telah menjalani tes corona setelah Budi Karya Sumadi dinyatakan positif terpapar corona.

Budi Karya Sumadi kini diisolasi di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta. Budi termasuk pasien kasus 76. Ia disebut memiliki penyakit penyerta berupa typhus dan asthma.

Sebelum dinyatakan positif covid-19, ia sempat mengikuti rapat bersama presiden di Istana Negara, Jakarta.

Jokowi mengatakan, dia terus mengikuti perkembangan situasi terkait Covid-19 dari waktu ke waktu, dan memberikan perintah yang terukur, agar bisa menghambat penyebaran virus Covid19.

Menurutnya, sekarang ini, yang paling penting, dan perlu dilakukan adalah mengurangi mobilitas orang dari satu tempat ke tempat lain.

"Menjaga jarak dan mengurangi kerumunan orang yang membawa risiko lebih besar pada penyebaran Covid19," kata Jokowi.
(psp/ugo)