AHY Ketum Demokrat, SBY Kembali Jabat Ketua Majelis Tinggi

CNN Indonesia | Rabu, 18/03/2020 12:57 WIB
AHY Ketum Demokrat, SBY Kembali Jabat Ketua Majelis Tinggi Susilo Bambang Yudhoyono menyampaikan pidato politiknya pada pembukaan Kongres V Partai Demokrat di Jakarta, Minggu (15/3/2020). (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)
Jakarta, CNN Indonesia -- Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kembali dipilih menduduki jabatan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat di kepengurusan Partai Demokrat 2020-2025. Kepengurusan baru Demokrat periode 2020-2025 dipimpin oleh anak sulung SBY, Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY.

Ketua DPP demisioner Partai Demokrat, Irwan mengatakan penetapan SBY kembali menduduki jabatan tersebut sudah dilakukan di Kongres V Demokrat yang berlangsung pada Minggu (15/3) lalu.
"Benar, Pak SBY akan menjabat Ketua Majelis Tinggi (Partai Demokrat). Sudah ditetapkan di Kongres kemarin," kata Irwan kepada CNNIndonesia.com, Rabu (18/3).

Irwan mengatakan bahwa Ketua Umum Partai Demokrat terpilih Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) akan dibantu sejumlah kader dalam menyusun pengurus DPP Partai Demokrat periode 2020-2025. Menurutnya, proses penyusunan pengurus akan dilakukan dengan cepat guna kepentingan menyambut penyelenggaraan Pilkada 2020. 


"(Diumumkan) dalam waktu dekat ini karena juga kami harus daftarkan ke Kemenkumham dan lain-lain. Kami akan kerja cepat, apalagi ada Pilkada 2020, tentunya segera," ucap anggota Komisi V DPR RI itu.

Terkait sosok yang akan menduduki jabatan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Demokrat periode mendatang, Irwan mengatakan bahwa semua kader memiliki kemungkinan yang sama.

[Gambas:Video CNN]

Menurutnya, kader yang berusia muda juga memiliki peluang yang terbuka untuk mendampingi AHY memimpin Demokrat.

"Saya pikir komposisinya terbuka, senior-senior juga, tapi kawan-kawan muda yang bisa seirama dengan ketum (AHY) sangat terbuka peluangnya," ungkap Irwan.

Sebelumnya, AHY terpilih secara aklamasi menjadi Ketua Umum Partai Demokrat periode 2020-2025 dalam Kongres V Partai Demokrat, Minggu (15/3).

Putra sulung SBY itu terpilih secara aklamasi setelah seluruh pemilik hak suara dalam pemilihan Ketum Partai Demokrat periode 2020-2025 sepakat untuk memilihnya. (mts/ain)