Tes SKB CPNS Diundur Sampai Pandemi Corona Mereda

CNN Indonesia | Rabu, 18/03/2020 13:30 WIB
Tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS sedianya digelar 25 Maret-10 April, namun ditunda untuk mencegah penyebaran virus corona. Ilustrasi tes CPNS. (CNN Indonesia/Kustin Ayuwuragil)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN), Paryono menyampaikan pengumuman penundaan tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS akibat pandemi virus corona. Penyebaran virus Covid-19 ini sudah menyebar di beberapa daerah di Indonesia.

Tes SKB merupakan tahapan kedua setelah sebelumnya para peserta CPNS melakukan tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) pada 27 Januari hingga 28 Februari lalu.

"Betul (tes SKB), kita tunda dulu sampai waktu yang belum ditentukan, kita tunggu sampai wabah corona ini reda," ujar Paryono saat dihubungi CNNIndonesia.com, Rabu (18/3).


Paryono mengatakan, perubahan jadwal ini sebagai upaya BKN untuk menerapkan social distancing untuk cegah penularan virus corona sebagaimana imbauan pemerintah.

"Kita enggak tahu siapa yang sudah tertular, kalau berkerumun begitu kan rentan penularannya," ucapnya.

Tes SKB sebelumnya direncanakan berlangsung pada 25 Maret hingga 10 April. Paryono menjelaskan, pihaknya masih mendiskusikan rencana tes SKB dengan Panitia Seleksi Nasional (Panselnas).

"Kita masih rapat untuk tanggal dan persiapan," katanya.

Sementara untuk pengumuman tes SKD tetap dilakukan sesuai rencana pada 22-23 Maret 2020 lewat situs resmi instansi pemerintahan yang dituju.

Sebelumnya pemerintah mengimbau untuk tetap berdiam diri di rumah dan menerapkan social distancing berupa penundaan acara, memberlakukan belajar jarak jauh hingga bekerja dari rumah demi mencegah penularan virus corona.

[Gambas:Video CNN] (mel/osc)