Polisi Sebut Video Penumpang Pingsan karena Corona Hoaks

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 18/03/2020 15:48 WIB
Video penumpang KRL pingsan karena diduga terjangkit virus corona telah viral. Polisi memburu penyebar video hoaks tersebut. Ilustrasi KRL. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebuah video yang memperlihatkan seorang penumpang KRL Commuter Line pingsan di Stasiun Duren Kalibata, Jakarta Selatan. Dia diduga karena virus corona (Covid-19) beredar di media sosial.

Salah satunya diunggah akun Twitter @FBU72. Dalam video itu, terlihat para petugas di stasiun tengah berusaha memberikan pertolongan kepada penumpang yang pingsan.


"Waduh, waduh, waduh, corona ini corona," kata seorang pria dalam video tersebut.


Kapolsek Pancoran Kompol Johanis Soeprijanto memastikan informasi tentang virus corona dalam video yang beredar itu adalah hoaks.

"Itu hoaks," kata Johanis saat dihubungi, Rabu (18/3).

Johanis mengatakan penumpang yang pingsan di stasiun itu karena kelelahan dan belum makan. Petugas stasiun, lanjutnya, juga langsung memberikan pertolongan saat kejadian sehingga kondisi penumpang segera pulih.

Saat ini, kata Johanis, pihaknya tengah menyelidiki oknum penyebar video tersebut. Hal itu dilakukan sebab informasi yang disebarkan ke masyarakat adalah bohong atau hoaks.

"Itu sudah kami laporkan ke rekan-rekan patroli cyber untuk pengunggah hoaks tersebut," ujarnya.

Polisi Sebut Video Penumpang Pingsan karena Corona HoaksInsert Artikel - Waspada Virus Corona. (CNN Indonesia/Fajrian)


Sementara itu, VP Corporate Communication PT KCI Anne Purba menjelaskan peristiwa tersebut terjadi pada Sabtu (14/3) lalu sekitar pukul 11.40 WIB di Stasiun Duren Kalibata.

Saat itu, kata Anne, petugas menolong seorang penumpang KRL yang lemas di dalam kereta nomor 1364 relasi Bogor-Jatinegara saat berhenti di stasiun tersebut.

"(Petugas) langsung membawa tandu setelah mendapatkan laporan dari pengguna jasa lainnya bahwa terdapat pengguna jasa yang memerlukan pertolongan," tutur Anne dalam keterangannya.

Anne menuturkan petugas langsung membawa penumpang ke ruangan yang ada di stasiun untuk mendapatkan pertolongan pertama. Setelahnya, kondisi penumpang kembali pulih dan yang bersangkutan memutuskan untuk kembali menggunakan KRL ke tujuannya.


[Gambas:Video CNN] (dis/pmg)