Tito Puji Ridwan Kamil Tangani Virus Corona di Jawa Barat

CNN Indonesia
Rabu, 18 Mar 2020 19:05 WIB
Menteri Tito Karnavian mengajak seluruh kepala daerah di Indonesia mencontoh Jabar membuat command center virus corona, yang bisa menghubungkan banyak orang. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendapat pujian dari Mendagri Tito Karnavian terkait penanganan virus corona. (CNN Indonesia/Tiara Sutari)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian memuji Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang telah membentuk command center atau ruang kendali darurat penanganan virus corona atau Covid-19 di Provinsi Jawa Barat.

"Saya lihat tadi dari paparan command center yang ada. Kemudian diskusi dengan bapak gubernur, saya memberikan apresiasi yang tinggi, karena saya lihat command center di Jabar sudah terbentuk. Mudah-mudahan tempat lain sudah ada. Tapi baru saya lihat di Jabar," kata Tito di Kantor Gubernur Jawa Barat, Bandung, Jabar, Rabu (18/3).

Tito menuturkan command center Covid-19 Jawa Barat memiliki monitor besar yang menunjukkan titik penyebaran Covid-19 di Jabar. Command center itu juga memiliki aplikasi dan sistem khusus yang terhubung dengan para ketua RW di Jawa Barat untuk mencegah virus corona.

"Bahkan ada sistem yang bisa menghubungkan sampai 50 ribu lebih ketua RW. Ini efektif digunakan penyampaian hal-hal yang perlu, apa yang dilakukan, apa itu covid-19, masyarakat banyak yang belum mengerti, apa social distancing, memperkuat imunitas. Dengan command center sangat mudah," kata Tito.

Tito berharap agar kepala daerah lain meniru Pemprov Jabar yang berhasil menggerakkan command center, serta bersinergi untuk menanggulangi virus corona.

"Yang bertugas menanggulangi Covid 19 bisa sharing, diskusi dan bersatu meski harus berjarak ya karena social distancing ini," kata Tito.

Tak berhenti sampai di situ, Tito juga memberikan apresiasi kepada Pemprov Jabar yang sudah melakukan pelbagai langkah antisipasi hingga persiapan terkait penanggulangan virus corona.

Tito menjelaskan bahwa Pemprov Jabar sudah melakukan mitigasi, menyiapkan rumah sakit rujukan khusus Covid-19 hingga pembentukan tim khusus untuk melakukan deteksi dini bagi penyebaran virus corona.

"Jadi ada leadership pimpinan, lalu ada unsur edukasi, tim edukasi. Dan ada tim yang melakukan deteksi dan surveillance atau tracing, lalu ada tim yang melakukan penanganan mereka yang diduga ODP atau PDP, ini sudah beliau siapkan semua," kata Tito. (rzr/wis)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER