Kondisi Handoko, Dokter Corona 80 Tahun Berangsur Membaik

CNN Indonesia
Rabu, 18 Mar 2020 19:36 WIB
Kondisi kesehatan Dokter Handoko, 80 tahun, yang ikut berjuang membantu merawat pasien corona, perlahan mulai membaik. RSUP Persahabatan, Jakarta. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kondisi Dokter Handoko Gunawan yang tengah dirawat di ruang Intensive Care Unit (ICU) Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan, Jakarta Timur berangsur membaik. Darmadi, anak laki-laki Handoko, menyampaikan itu saat dihubungi CNNIndonesia.com, Rabu (18/3).

"Ya, membaik," kata dia.

"Beliau saat ini sudah dalam penanganan Rumah Sakit dan staf medis yang kompeten, serta dalam kondisi sadar dan dapat berkomunikasi dengan baik," tambahnya.

Darmadi enggan membeberkan detail perawatan yang tengah dijalani dokter spesialis paru di Rumah Sakit Graha Kedoya tersebut. Menurutnya keluarga besar telah sepakat untuk memberikan informasi secara lebih jelas setelah dokter Handoko pulih sepenuhnya.

"Nanti setelah dr. Handoko sembuh," kata dia.

Handoko, dokter berusia 80 tahun menjadi perbincangan warganet karena menjadi tenaga medis di Jakarta membantu menangani wabah virus corona (Covid-19).

Meski usia sudah tidak lagi muda, disebut dr Handoko tetap membantu pasien covid-19 dan bekerja hingga pukul 03.00 WIB dini hari. Dia jatuh sakit.

Dokter Handoko dirawat di RSUP Persahabatan sejak Selasa (17/3) malam. Dokter Spesialis Paru RSUP Persahabatan Erlang Samoedro membenarkan hal tersebut.

"Sejak tadi malam [dirawat]," terang Erlang saat dihubungi CNNIndonesia.com, Rabu (18/3) pagi.

"Kondisi berat dia masuk, kalau sekarang mungkin mulai perbaikan sedikit," tambahnya. (khr/wis)
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER