Sumut Siapkan 2 Rumah Sakit Jadi Posko Penanganan Covid-19

CNN Indonesia | CNN Indonesia
Rabu, 18 Mar 2020 22:12 WIB
RS GL Tobing dan RSU Sati Mutiara akan dijadikan posko penanganan corona (Covid-19) di Sumatera Utara. RS GL Tobing dan RSU Sati Mutiara akan dijadikan posko penanganan corona di Sumatera Utara. (CNN Indonesia/Farida)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dua rumah sakit di Sumatera Utara (Sumut) disiapkan sebagai pusat cadangan evakuasi pasien virus corona (Covid-19).

Kedua rumah sakit tersebut adalah RS GL Tobing/Medical Tembakau Deli PTP Nusantara II Tanjung Morawa Kabupaten Deliserdang sebagai lokasi evakuasi utama dan RSU Sari Mutiara Jalan Kapten Muslim Medan sebagai evakuasi cadangan serta pos penerimaan laporan masyarakat.

"Kita menyiapkan satu tempat evakuasi utama di RS GL Tobing ini. Jadi seluruhnya baik yang dalam pantauan atau sudah terjangkit kita siapkan di sini," kata Gubernur Sumut Edy Rahmayadi di Medan, Rabu (18/3).

Untuk itu, kata Edy, pasien yang saat ini sedang dirawat di RS GL Tobing akan dipindahkan untuk persiapan penanganan Covid-19.

[Gambas:Video CNN]

"Beberapa tim Satgas akan bertugas di sini. Segala kelengkapan akan dibantu dari rumah sakit lainnya baik berupa tempat tidur, tenda dan lainnya," jelas Edy.

Sementara itu, di RSU Sari Mutiara yang menjadi lokasi evakuasi cadangan dan pos penerimaan laporan masyarakat, akan menerima pengaduan masyarakat yang merasa mengalami gejala Covid-19.

"Tempat evakuasi cadangan kita lakukan di sini. Nanti akan diperiksa dan disalurkan ke tempat evakuasi utama. Semua SDM bidang kesehatan sudah siap, mudah-mudahan rakyat kita bisa dicegah dari hal yang tidak diinginkan," tutur Edy.

Lebih lanjut, Edy juga menyampaikan imbauan kepada seluruh rumah sakit agar tidak menolak masyarakat yang melapor. Jika rumah sakit sudah tidak dapat menampung, diminta untuk mengarahkan dan melaporkan ke lokasi evakuasi baik utama maupun cadangan.

"Mulai hari ini evakuasi utama dan cadangan sudah dipersiapkan dan mulai bertugas. Lokasi evakuasi cadangan akan diisi oleh SDM dari rumah sakit-rumah sakit swasta dan akan dikawal oleh petugas keamanan," paparnya (fnr/stu)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER