Pasien Positif Corona di Sumut Bertambah, Pernah ke Yerusalem

CNN Indonesia | Kamis, 19/03/2020 18:11 WIB
Pasien positif Virus Corona terbaru di Sumut disebut bukan rekan dari dokter yang lebih dulu terinfeksi, tapi sama-sama pernah ke Yerusalem. RSUP H. Adam Malik, Medan. (CNN Indonesia/Rosmiyati Dewi Kandi)
Medan, CNN Indonesia -- Pasien positif Virus Corona yang diisolasi di RSUP H Adam Malik Medan bertambah satu orang. Dia disebut memiliki riwayat perjalanan ke Yerusalem.

"Pasien saat ini masih dirawat di ruang isolasi RSUP H Adam Malik," kata Tim PINERE (Penyakit Infeksi New Emerging dan Re-Emerging) RSUP Haji Adam Malik Medan, dr Ade Rahmaini SpP, dalam keterangannya, Kamis (19/3).


Sebelumnya, dokter UMT jadi pasien positif Covid-19 pertama di Sumut. Ia kemudian meninggal di RSUP H Adam Malik Medan pada Selasa (17/3) malam.


Ade membantah bahwa pasien kedua yang positif Covid-19 di Sumut ini merupakan rekan dari dokter UMT.  "Bukan rekannya (dokter UMT). Beda rombongan itu, tapi negara yang dikunjungi sama, Yerusalem," jelasnya.

[Gambas:Video CNN]

Terpisah, Kasubag Humas RSUP Haji Adam Malik Medan Rosario Dorothy Simanjuntak mengatakan pasien kedua yang positif Covid-19 ini masuk ke rumah sakit milik Kemenkes itu pada 15 Maret 2020.

"Pasien berjenis kelamin perempuan, usia 51 tahun. Dari hasil lab, pasien ini positif Covid-19. Pasien ini bukan teman dari pasien yang meninggal kemarin," ucapnya

Dari data yang diperoleh, hingga saat ini ada 11 Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang masih menjalani perawatan di RSUP H Adam Malik Medan. Kemudian, ada tiga PDP yang sudah pulang dan dinyatakan negatif Covid-19.

(fnr/arh)