RSPI Rawat 9 Pasien Positif Corona, Ruang Isolasi Ditambah

CNN Indonesia | Jumat, 20/03/2020 00:18 WIB
RSPI Sulianti Saroso merawat 9 pasien positif Corona, dan menambah ruang isolasinya menjadi 15 unit. Ilustrasi ruang isolasi di RSPI Sulianti Saroso. (CNBCIndonesia/Andrean Kristianto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso mengisolasi dua pasien baru terkait Virus Corona (Covid-19). Per Kamis (19/3), total pasien positif Corona di RS ini pun menjadi 9 pasien.

"Total ada 15 pasien, sembilan di antaranya confirmed [positif Corona]. Kemudian enam [sisanya] itu adalah PDP (Pasien Dalam Pengawasan)," terang Direktur Utama RSPI Sulianti Saroso, Mohammad Syahril, Jakarta Utara, dikutip dari CNNIndonesia TV, Kamis (19/3).

Dia menyebut keadaan sebagian pasien membaik dan stabil. Namun, ada dua pasien positif Corona dirawat di ruang Intensive Care Unit (ICU).


"Dua orang ini dirawat secara khusus memakai oksigen bertekanan tinggi," ujar Syahril.

Selain itu, ia menyatakan satu dari sembilan pasien positif Corona sudah dinyatakan sembuh berdasarkan pemeriksaan uji laboratorium yang pertama.

"Jadi yang confirmed 9 [orang] ini ada yang sudah menjadi negatif tapi [baru] satu kali [tes]. Tetap kita menunggu untuk [tes] yang kedua kali," jelasnya.

Ruang Isolasi

Pihaknya juga telah melakukan penambahan ruang isolasi tahap pertama sesuai dengan jumlah total pasien.

"Ini kita sudah masuk perluasan ini, kemarin kan 11, sekarang sudah menjadi 15 [ruang]," terang dia.

[Gambas:Video CNN]
"Itu tahap perluasan pertama ini, nanti tahap perluasan kedua mungkin sekitar 20 dan seterusnya nanti kita umumkan," tambahnya.

Selain ruang isolasi dan Alat Pelindung Diri (APD), Syahril menyebut pihaknya masih membutuhkan banyak bantuan terutama tim medis yang siap menjadi garda depan pasien corona.

"Kita butuh bantuan tenaga perluasan ini, bantuan dokter umum. Kemudian dokter yang lain sudah ada datanya sudah kita ajukan ke kementerian kesehatan maupun Dinas Kesehatan DKI Jakata," terangnya.

Syahril mengaku tim medis yang saat ini bekerja masih terus semangat menaruh harapan besar atas kesembuhan pasien, meski kondisi badan tidak selalu prima betul.

"Kalau sakit-sakit sedikit ada lah ya terutama dalam volume pekerjaan yang meningkat," ujar Syahril.

Per Kamis (19/3), RSPI Sulianti Saroso menangani 15 Pasien yang terdiri dari 9 pasien positif dan 6 Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Merujuk data Kementerian Kesehatan RI per Kamis (19/3), ada 309 orang yang dinyatakan positif Corona, 25 orang meninggal dunia, dan 15 orang dinyatakan sembuh.

(khr/arh)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK