Sempat Rapat Bersama Menhub, Edy Rahmayadi Negatif Corona

CNN Indonesia | Jumat, 20/03/2020 11:04 WIB
Sempat Rapat Bersama Menhub, Edy Rahmayadi Negatif Corona Gubernur Sumut Edy Rahmayadi disebut negatif Corona. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Medan, CNN Indonesia -- Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi bersama istrinya dinyatakan negatif Virus Corona setelah menjalani pemeriksaan kesehatan beberapa waktu lalu.

"Beberapa hari lalu pasca pulang dari Jakarta, saya bersama istri memutuskan untuk melakukan pemeriksaan deteksi Covid-19 di RSUP H Adam Malik Medan. Alhamdulillah hasilnya negatif," kata mantan Ketum PSSI tersebut, Jumat (20/3).

Diketahui, Edy Rahmayadi sempat mengikuti rapat terbatas (ratas) di Istana Negara pada 11 Maret 2020. Di saat yang sama, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, yang kemudian ditetapkan positif Corona pada 14 Maret, ikut rapat tersebut.


Dalam rapat yang dipimpin Presiden Joko Widodo itu, Edy ketika itu hadir bersama Pelaksana Tugas Wali Kota Medan Akhyar Nasution. 

Karena itulah, Edy Rahmayadi melakukan cek kesehatan. Dia juga mengimbau masyarakat bersama-sama mencegah penyebaran virus itu.

"Kami mengimbau kepada warga Sumut agar sama-sama mencegah penyebaran virus corona dengan rajin mencuci tangan, hindari keramaian dan lebih baik beraktivitas di rumah serta perbanyak doa," pungkasnya.

Terpisah, Kodam I/Bukit Barisan mengirim satu peleton prajurit (30 personel) berkualifikasi carpenter (tukang kayu) dari Yonzipur 1/DD untuk mempercepat pembangunan Posko Covid-19 di Rumah Sakit dr GL Tobing PTPN 2 Tanjung Morawa (Tamora), Kabupaten Deliserdang, Sumut.

[Gambas:Video CNN]
"Pengiriman satu peleton Prajurit Yonzipur 1/DD itu merupakan instruksi Pangdam I/BB, Mayjen TNI MS Fadhilah atas permintaan Gubernur Sumut," kata Kapendam I/BB, Kolonel Inf Zeni Djunaidhi, Jumat (20/3).

RS dr GL Tobing PTPN 2 Tamora telah ditetapkan sebagai lokasi evakuasi utama pasien suspect Corona. Rumah sakit ini berdekatan dengan KNIA (Kuala Namu International Airport) yang merupakan salah satu pintu gerbang ke Sumatera Utara.

"Beberapa tim Satgas akan bertugas di sini. Segala kelengkapan akan dibantu dari rumah sakit lainnya baik berupa tempat tidur, tenda dan lainnya," terang Kapendam.

Sebelumnya, Edy Rahmayadi menetapkan Sumatera Utara dalam status Siaga Covid-19. Pasien yang sedang dirawat di RS dr GL Tobing PTPN 2 Tamora akan dipindahkan dan dilakukan pengosongan untuk mempersiapkan penanganan Covid-19.

"Kita menyiapkan satu tempat evakuasi utama di RS GL Tobing ini. Jadi seluruhnya baik yang dalam pantauan atau sudah terjangkit kita siapkan di sini," kata Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, beberapa waktu lalu.

(fnr/arh)