Puan Maharani: Negara Harus Hadir Tangani Corona

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 20/03/2020 21:07 WIB
Puan Maharani: Negara Harus Hadir Tangani Corona Ketua DPR RI Puan Maharani menyatakan negara harus hadir secara nyata di tengah masyarakat untuk memberikan rasa tenang dan aman dalam menangani virus corona. (CNN Indonesia/Mundri Winanto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua DPR RI Puan Maharani menyatakan pihaknya mendukung langkah pemerintah dalam menangani penyebaran virus corona (Covid-19). Menurutnya, negara harus hadir secara nyata di tengah masyarakat untuk memberikan rasa tenang dan aman.

"Terkait penanganan wabah corona, DPR mendukung langkah pemerintah. Negara harus hadir secara jelas dan secara nyata di tengah masyarakat, memberikan rasa tenang serta memberikan rasa aman," kata Puan saat memberikan keterangan pers di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta sebagaimana disiarkan melalui TVRI, Jumat (20/3).


Ia pun menekankan agar upaya penanganan penyebaran virus corona dipercepat dengan memperbanyak fasilitas dan alat tes. Bahkan, lanjutnya perlu dicari solusi agar layanan tes virus corona, masker, dan cairan pembersih tangan atau hand sanitizer bisa diberikan secara gratis kepada masyarakat.


Ketua DPP PDIP itu pun mengapresiasi berbagai langkah pro aktif yang jelas dan nyata dari berbagai elemen masyarakat seperti kampanye kreatif yang mengajak untuk rajin cuci tangan dengan sabun, saling memotivasi untuk menjaga jarak atau social distancing, hingga saling memberi semangat antar-anak bangsa dalam menghadapi virus corona.

Menurut Puan, berbagai langkah itu menunjukkan sikap gotong royong masih mengakar kuat dalam diri masyarakat Indonesia.

Ketua DPR: Negara Harus Hadir Tangani Corona
Insert Artikel - Waspada Virus Corona. (CNN Indonesia/Fajrian)


"Apa yang telah dilakukan masyarakat Indonesia, menunjukkan bahwa jika gotong royong masih mengakar kuat dalam diri rakyat Indonesia. Virus corona tidak pandang dulu, dalam melawannya pun kita harus bersatu," tutur Puan.

Terakhir, Puan mengucapkan terima kasih dan menyatakan akan terus mendukung para dokter dan tenaga kesehatan yang sudah terlibat dalam penanggulangan virus corona.

Jumlah pasien positif virus corona di Indonesia per Jumat (20/3) bertambah menjadi 369 orang. Sebanyak 32 orang di antaranya meninggal dunia, dan 17 orang dinyatakan sembuh.

"Ada 60 kasus baru, sehingga kasus positif adalah 369," ujar Juru Bicara Pemerintah Khusus Penanganan Corona, Achmad Yurianto, di Jakarta, Jumat (20/3).


[Gambas:Video CNN] (mts/pmg)