Banjir Terjang 2 Kecamatan di Bandung, 4.862 Rumah Terdampak

CNN Indonesia | Sabtu, 21/03/2020 00:18 WIB
Dua kecamatan di Kabupaten Bandung dan Kota Bandung, Jawa Barat terencam banjir akibat hujan dengan intesitas tinggi menyebabkan sungai meluap. Ilustrasi banjid di Bandung. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi).
Bandung, CNN Indonesia -- Hujan dengan intensitas tinggi di wilayah Kabupaten Bandung dan Kota Bandung, Jawa Barat mengakibatkan sungai meluap dan berdampak banjir, Jumat (20/3). Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kabupaten Bandung mencatat dua kecamatan terendam banjir dan sedikitnya 4.826 rumah terdampak.

Manajer Pusdalops BPBD Provinsi Jawa Barat Budi Budiman Wahyu mengatakan, dua kecamatan yang terendam banjir yaitu Kecamatan Dayeuhkolot dan Kecamatan Baleendah.


"Kerugian materil yaitu 4.826 rumah, 29 tempat ibadah dan 13 sekolah terdampak," kata Budi dalam keterangan tertulis yang diterima CNNIndonesia.com, Jumat (20/3).


Budi juga menyebutkan korban terdampak banjir di Kabupaten Bandung mencapai 6.524 kepala keluarga atau 22.678 jiwa.

"Sebanyak 30 kepala keluarga atau 83 jiwa pengungsi," ujarnya.


Atas kejadian banjir tersebut, BPBD Jabar dan BPBD Kabupaten Bandung masih memantai ketinggian muka air. Di Kecamatan Dayeuhkolot genangan mulai dari 10-40 cm. Sedangkan di Kecamatan Baleendah 10-30 cm.

"Air masih menggenangi beberapa wilayah. BPBD masih melakukan kaji cepat ke beberapa lokasi kejadian," kata Budi. (hyg/osc)