Sepekan Dirawat Akibat Corona, Kondisi Budi Karya Membaik

CNN Indonesia | Minggu, 22/03/2020 23:03 WIB
Sepekan Dirawat Akibat Corona, Kondisi Budi Karya Membaik Menhub Budi Karya Sumadi (CNN Indonesia/Artho Viando)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kondisi kesehatan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi disebut membaik. Sebelumnya, pekan lalu ia dinyatakan positif terinfeksi virus corona atau Covid-19.

"Kondisinya membaik," kata staf khusus Budi Karya, Adita Irawati kepada CNNIndonesia.com lewat sambungan telepon, Minggu (22/3). 

Saat ini Budi Karya masih dirawat di ruang isolasi Rumah Sakit Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta. Adita juga tak mengetahui lebih detail terkait kondisi Budi Karya. 

Menurut Adita, kabar tersebut ia peroleh dari Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto. Ia juga belum menerima kabar, kapan atasannya itu bakal dipulangkan.


Usai dinyatakan positif, Presiden Joko Widodo belakangan menunjuk Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan menjadi Pelaksana Tugas  (plt) Menhub. 

"Presiden menugaskan mengangkat Menhub ad interim, yakni Menko Maritim dan Investasi sebagai ad interim," ujar Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, dalam jumpa pers pada Sabtu (14/3).

Menhub Budi Karya sebelumnya dinyatakan positif corona pada Sabtu (14/3) lalu. Dalam dua pekan sebelumnya, ia sempat mengikuti rapat di Istana Kepresidenan Jakarta pada 4 dan 11 Maret 2020.


Selain Presiden Joko Widodo, sejumlah menteri lain juga turut hadir dalam rapat tersebut. Menteri yang turut hadi diantaranya, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri BUMN Erick Thohir, Mendagri Tito Karnavian, dan Menpora Zainudidin Amali. 

Belakangan, pejabat yang hadir dalam rapat tersebut pun menjalani tes pemeriksaan Covid-19, termasuk Presiden Jokowi. Hasil tes Jokowi dinyatakan negatif, Kamis (19/3).

"Saya dan Ibu Iriana sudah melaksanakan tes deteksi covid-19 empat hari yang lalu, dan sudah keluar hasil tesnya. Alhamdulillah dinyatakan negatif," ujar Jokowi dikutip dari keterangan tertulis Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden. 

Sementara itu, sejumlah menteri lain disebut tak bakal mempublikasikan hasil pemeriksaannya karena termasuk general checkup

[Gambas:Video CNN]



(thr/eks)