Pasien Positif Corona di Sumut Bertambah jadi 8 Orang

CNN Indonesia | Selasa, 24/03/2020 19:40 WIB
Salah satu pasien telah meninggal dunia, sementara 7 lainnya dirawat di RSUP Adam Malik, Medan. Ilustrasi penanganan pasien positif virus corona (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)
Medan, CNN Indonesia -- Jumlah warga Sumatera Utara yang positif terinfeksi virus corona (Covid-19) bertambah dari 2 menjadi 8 orang. Satu di antaranya telah dinyatakan meninggal dunia, sehingga 7 pasien yang masih dirawat.

"Sebelumnya kita hanya memiliki 2 pasien positif Covid-19 di mana 1 di antaranya meninggal dunia dan 1 dirawat. Tapi update hari ini jumlah pasien positif menjadi 8 orang," kata Kassubag Humas RSUP Adam Malik Medan, Rosario Dorothy Simanjuntak, Selasa (24/3/2020).

Rosario mengatakan kondisi 7 pasien positif corona yang tengah dirawat dalam keadaan sakit ringan. Ada pula yang mengalami sakit sedang.


"Saat ini berarti ada 7 pasien positif yang kita rawat ya," jelasnya.

Sementara itu, masih ada 7 orang pasien dalam pengawasan (PDP) yang masih dirawat RSUP Adam Malik, Medan. Rosario mengatakan PDP tersebut belum tentu positif terinfeksi, karena masih menunggu hasil tes spesimen.

"Karenanya untuk saat ini ruang isolasi kita juga kembali full. Kemudian ada 8 orang yang saat ini telah dipulangkan karena dari hasil pemeriksaan negatif virus corona," tuturnya.
Foto: (CNN Indonesia/Timothy Loen)
Terkait dengan penanggulangan corona, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi sudah menerbitkan surat edaran pada 17 Maret lalu.

Edy meminta seluruh bupati dan wali kota meningkatkan kewaspadaan di wilayah masing-masing. Kegiatan belajar mengajar di sekolah pun ditiadakan. Selain itu, Edy juga meminta seluruh industri pariwisata ditutup hingga 5 April.

Virus corona sendiri telah menginfeksi 579 orang di seluruh Indonesia per Senin (23/3). Sebanyak 49 orang meninggal dunia akibat virus tersebut dan 30 orang sembuh.
[Gambas:Video CNN]


(fnr/bmw)