Said Aqil Yakin Ibunda Jokowi 'Husnul Khatimah'

CNN Indonesia | Rabu, 25/03/2020 21:25 WIB
Said Aqil Yakin Ibunda Jokowi 'Husnul Khatimah' Ketum PBNU Said Aqil Siroj menyebut Sujiatmi sebagai sosok yang 'guyub'. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siroj meyakini ibunda Jokowi, Sujiatmi Notomiharjo, meninggal dalam keadaan husnul khatimah atau akhir yang baik karena merupakan sosok yang taat beribadah dan rajin ke majelis taklim.

"Kami yakin beliau wafat dalam keadaan khusnul khatimah, karena kami menyaksikan beliau adalah perempuan, seorang ibu yang sederhana, taat beribadah, rajin menghadiri majelis taklim, pengajian," tuturnya, dikutip dari video yang diunggah akun Instagram milik staf khusus Wapres, Robikin Emhas, Rabu (25/3).

"Sederhana, bergaul dengan siapapun dengan baik, menerima tamu siapapun dengan ramah, saya pun berkali-kali jumpa dengan beliau," imbuhnya.


Selain itu, dia menyampaikan Sujiatmi merupakan sosok ibu yang berhasil membesarkan anak-anaknya hingga bisa bermanfaat bagi bangsa.

"Selama hidupnya, beliau tekun, berjuang membesarkan putra-putrinya dan sukses berhasil putra-putrinya menjadi anak-anak yang bermanfaat bagi bangsa, terutama putra sulungnya yang sekarang mendapat amanat menjadi presiden RI," ujar Said.

Terpisah, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengenang Sujiatmi sebagai sosok yang bersahaja dan pemaaf. Kesan itu didapatkannya karena kerap sowan jika kebetulan berada di Solo dan bertemu almarhumah di kediamannya.

"Almarhumah adalah sosok yang tegar, bersahaja, sabar, dan juga penuh welas asih," ucapnya.

[Gambas:Video CNN]
Hal itu dibuktikan saat putranya, Joko Widodo, dan dirinya sendiri menjadi korban fitnah di era Pilpres 2014 dan 2019.

"Masih segar dalam ingatan, di saat Presiden Joko Widodo diterpa berbagai fitnah negatif tentang keluarga besar dan bahkan ibunya sendiri ikut menjadi korban fitnah, namun almarhumah tak pernah mempersoalkan dan malah memaafkan," tutur Bamsoet.

(jps/arh)