Sultan Wajibkan Isolasi 14 Hari Pemudik yang Tiba di Yogya

CNN Indonesia | Kamis, 26/03/2020 16:19 WIB
Sultan Yogyakarta mewajibkan pemudik yang baru tiba di wilayahnya untuk langsung mengisolasi diri demi menangkal penyebaran corona. Ilustrasi pemudik. (ANTARA FOTO/ Feny Selly)
Yogyakarta, CNN Indonesia -- Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengkubuwono X mewajibkan para pemudik yang baru tiba di wilayahnya untuk langsung mengisolasi diri selama 14 hari untuk mencegah penyebaran virus corona.

Hal tersebut disampaikan menyusul banyaknya masyarakat Yogyakarta yang datang dari luar daerah usai kebijakan sejumlah pemda yang menutup akses keluar masuknya warga masyarakat guna mengantisipasi penularan Covid-19.

"Hari ini terdata lebih dari 1.000 orang yang perlu dipantau," kata Sultan usai menggelar rapat dengan Forkominda DIY, di Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Kamis (26/3).


Pihaknya juga meminta agar para pemudik itu mengecek kepastian status Covid-19 saat berada di Yogyakarta. Sultan pun mengaku bersedia membantu warga pendatang untuk memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan (faskes) yang ditunjuk, baik milik pemerintah maupun swasta.

Terlebih, katanya, sampai hari ini penderita Covid-19 di Yogya makin banyak, dan semuanya adalah kasus impor atau berasal dari luar daerah.

[Gambas:Video CNN]

Untuk itu, Gubernur DIY meminta agar Babinsa bersama perangkat desa dan dusun melakukan pendataan terhadap warga yang baru datang di wilayahnya.

Sementara, Kepala Bidang Humas Polda DIY, Kombes. Pol. Yuliyanto menyebut pihaknya bersama TNI dan Gugus Tugas Covid-19 akan segera melakukan pendataan terhadap warga yang pulang kampung ke Yogyakarta.

"Kami mohon kepada warga yang kembali ke DIY untuk melapor ke perangkat setempat atau Bhabinkamtibmas," pintanya.

Sebelumnya, Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta kepada setiap kepala daerah meneliti dan menelusuri warganya yang sudah telanjur mudik di tengah wabah Covid-19.

Berdasarkan data Gugus Tugas Covid-19, DIY memiliki 16 kasus positif Virus Corona, dengan dua di antaranya meninggal dunia dan satu orang sembuh.


Catatan Redaksi: Judul artikel ini diubah pada Kamis (26/3) pukul 19.45 WIB setelah mendapat klarifikasi dari narasumber. Sebelumnya berjudul: "1.000 Pemudik Tiba di Yogya, Sultan Wajibkan Isolasi 14 Hari. 
(sut/arh)