Ma'ruf Minta Pemkot-Pemkab Jemput Bola Ambil Alat Rapid Test

CNN Indonesia | Kamis, 26/03/2020 17:19 WIB
Ma'ruf Minta Pemkot-Pemkab Jemput Bola Ambil Alat Rapid Test Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta pemerintah daerah proaktif mengambil sendiri alat rapid test virus corona di pemprov masing-masing. (CNN Indonesia/Ramadhan Rizki Saputra).
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta agar Pemerintah Kota (Pemkot) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) proaktif mengambil alat tes cepat massal atau rapid test virus corona (Covid-19).

Alat itu diketahui telah dikirim Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ke kantor pemerintah provinsi di seluruh Indonesia.

"Pengiriman itu dilakukan oleh BNPB ke provinsi-provinsi kemudian distribusinya dilakukan oleh provinsi ke kabupaten-kota. Saya berharap supaya kabupaten-kota itu tidak hanya menunggu, tapi menjemput bola, proaktif," kata Ma'ruf saat melakukan teleconference dengan pewarta, Kamis (26/3).


Lebih lanjut Ma'ruf mengatakan inisiatif jemput bola perlu dilakukan tiap Pemkot dan Pemkab agar distribusi rapid test bisa lebih cepat dan dapat digunakan tepat sasaran.


Sebab banyak Pemprov yang memiliki keterbatasan untuk melakukan distribusi ke Kota/Kabupaten akibat wilayahnya sulit dijangkau.

"Kadang-kadang ada daerah yang agak jauh dari provinsi. Oleh karena itu, agar upaya distribusinya tidak terlambat, tak perlu menunggu, kalau perlu mendatangi," kata dia.

[Gambas:Video CNN]
Selain itu, Ma'ruf mengingatkan kepada seluruh kepala daerah agar menggelar rapid test virus corona sesuai protokol kesehatan. Salah satunya wajib menjaga physical distancing dan menghindari potensi kerumunan saat menggelar test tersebut.

"Saya kira bisa dengan berbagai cara, ada yang door to door, ada juga disediakan di tempat dengan jumlah terbatas, yang penting jangan sampai ada kerumunan yang banyak," kata dia.

(rzr/osc)