Update Corona Jatim 26 Maret: 59 Positif, 3 Meninggal

CNN Indonesia | Kamis, 26/03/2020 20:10 WIB
Update Corona Jatim 26 Maret: 59 Positif, 3 Meninggal Ilustrasi pasien corona. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa).
Surabaya, CNN Indonesia -- Jumlah pasien positif virus corona atau Covid-19 di Jawa Timur kembali bertambah. Per Kamis (26/3), total pasien positif di Jatim menjadi 59 orang. Dari jumlah itu, kasus meninggal karena corona di Jatim juga bertambah satu orang, menjadi tiga orang.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengatakan, jumlah pasien positif itu meningkat 8 orang dari catatan sebelumnya, pada Rabu (26/3) hanya 51 orang. Tak hanya itu sejumlah wilayah di Jatim juga menjadi wilayah terjangkit baru. 

"Yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Jatim tercatat 59 orang. Kemarin 51 orang, jadi ada tambahan 8 orang positif Covid-19," ujar Khofifah di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Kamis.


Khofifah merinci, tambahan pasien positif itu terdiri dari 3 di Sidoarjo, 2 di Surabaya, 2 Kabupaten Kediri dan 1 Gresik. Dengan begitu, ada dua kabupaten baru yang menjadi daerah baru yang terjangkit virus corona di Jatim.


"Dengan demikian, kalau kita lihat peta maka Kabupaten Kediri sudah menjadi zona merah, Kabupaten Gresik juga jadi zona merah," ujar dia.

Lebih lanjut, pasien positif terbanyak ada di Surabaya, yakni 33 pasien. Disusul Magetan 8 pasien, Sidoarjo 8 pasien, Kabupaten Malang 4 pasien, Kota Malang 2 pasien, Kabupaten Kediri 2 pasien, Gresik 1 pasien dan Kabupaten Blitar 1 pasien.

Kategori pasien dalam pengawasan (PDP) juga meningkat, di Jatim kini totalnya menjadi 221 PDP. Jumlah itu bertambah 76 orang, dari catatan sebelumnya 145 PDP.

"Yang terkonfirmasi PDP per jam 16.00 WIB di Jatim ada 221 orang," ucap Menteri Sosial kabinet Indonesia Kerja ini.Sementara itu, orang dalam pemantuan (ODP) di Jatim juga terus meningkat signifikan kini ada 3.055 ODP. Jumlah itu meningkat 1.052, setelah sebelumnya diumumkan ada 2.003 ODP.

"LaluuntukODP ada 3.055 orang. Inibisadilihatsebarannya di web," kata dia.
Sedangkan untuk pasien meninggal menjadi tiga orang. Satu pasien meninggal baru hari ini, merupakan warga Sidoarjo. Sementara dua lainnya pasien asal Surabaya dan Malang Raya.

Khofifah juga mengumumkan ada tiga pasien yang dinyatakan sembuh. Sehingga total pasien sembuh dari infeksi virus corona di Jatim menjadi tujuh orang.

"Goodnewsnya, perhari ini yang sembuh ada 7 orang di Jatim," ucapnya.

Mantan Mensos RI ini juga merinci bahwa empat pasien sembuh di RSUD dr. Soetomo, Surabaya, dua di Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA) Surabaya dan satu di RS Saiful Anwar, Malang.

"Sembuh empat RSUD dr Soetomo, dua RSUA dan satu RS Saiful Anwar Malang," kata dia.

[Gambas:Video CNN]

(frd/osc)