Kawasan Gunung Anyar Disemprot Disinfektan 700 Liter

CNN Indonesia | Jumat, 27/03/2020 05:15 WIB
Kawasan Gunung Anyar Disemprot Disinfektan 700 Liter Ilustrasi drone. (Shane Perry)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah Kota Surabaya menyemprotkan 700 liter disinfektan menggunakan teknologi pesawat nirawak di sekitar kawasan Gunung Anyar untuk mencegah penyebaran virus corona.

Kantor berita Antara melaporkan bahwa penyemprotan ini dilakukan di empat kelurahan di Kecamatan Gunung Anyar pada Kamis (25/3).
Kepala Satpol PP Kota Surabaya, Irvan Widyanto, menjabarkan bahwa keempat kelurahan itu terdiri dari Gunung Anyar, Rungkut Tengah, Rungkut Menanggal, dan Gunung Anyar Tambak.

"Kami harap 700 liter ini dapat meng-cover wilayah Gunung Anyar, terutama kompleks dan perkampungan," ujar Kepala Satpol PP Kota Surabaya, Irvan Widyanto.


Irvan menyadari durasi terbang drone hanya lima sampai sepuluh menit. Dengan demikian, petugas akan melakukan pengisian ulang tiap pesawat nirawak itu kehabisan cairan.

[Gambas:Video CNN]

Menurut Irvan, pemanfaatan teknologi ini sesuai dengan arahan Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharani, yang menginstruksikan untuk meminimalisir petugas di lapangan.

"Bu wali kota sering kali berpesan, jangan sampai menolong orang, tapi kita tidak memperhatikan keselamatan diri kita. Itulah mengapa bu wali kota mengharapkan drone ini betul-betul bisa dilaksanakan karena itu kita meminimalisir peran petugas," katanya.

Berdasarkan data teranyar pada Kamis (25/3), tercatat 59 orang terinfeksi virus corona. Dari keseluruhan angka tersebut, Surabaya yang tertinggi dengan 33 orang.

Secara keseluruhan, virus corona telah menjangkiti 893 orang di Indonesia, 78 di antaranya meninggal dunia, sementara 35 lainnya sembuh. (has/has)