Balikpapan Wilayah Transmisi Lokal Baru Covid-19

CNN Indonesia | Senin, 30/03/2020 14:25 WIB
Saat ini ada 21 wilayah di 8 provinsi yang jadi wilayah transmisi lokal penyebaran covid-19. Mayoritas berada di Pulau Jawa. Foto ilustrasi. (ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kota Balikpapan, Kalimantan Timur jadi wilayah transmisi lokal baru penyebaran Covid-19. Transmisi lokal adalah penularan virus corona antar manusia yang terjadi dalam satu wilayah.

Data itu dikutip CNNIndonesia.com pada hari ini dari situs resmi pemerintah untuk penanganan wabah corona, covid19.kemkes.go.id.

Balikpapan jadi wilayah ketiga di luar Pulau Jawa yang jadi transmisi lokal corona. Sebelumnya ada Kota Makassar, Sulawesi Selatan dan Kota Pontianak, Kalimantan Barat yang jadi wilayah transmisi lokal Covid-19.


Dengan tambahan Balikpapan, saat ini total ada 21 wilayah yang jadi transmisi lokal Covid-19. Wilayah tersebut tersebar di 8 provinsi.

DKI Jakarta dinyatakan sebagai provinsi yang semua wilayahnya jadi transmisi lokal.

Untuk wilayah terbanyak transmisi lokal adalah Jawa Barat yakni 7 kabupaten/kota. Menyusul kemudian Jawa Timur 6 kabupaten/kota.

DKI Jakarta

Banten: Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan

Jawa Barat: Kota Bandung, Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, Kota Bogor, Kabupaten Bogor, dan Kota Depok, dan Kabupaten Karawang.

Jawa Tengah: Kota Surakarta

Jawa Timur: Kabupaten Malang, Kabupaten Magetan dan Kota Surabaya, Kota Kediri, Kabupaten Kediri, Kabupaten Sidoarjo.


Sulawesi Selatan: Kota Makassar


Kalimantan Barat: Kota Pontianak


Kalimantan Timur: Balikpapan


[Gambas:Video CNN]

Data hingga kemarin saat ini tercatat ada 1.285 orang positif corona di Indonesia. 64 di antaranya dinyatakan sembuh dan 114 lainnya meninggal dunia.

Pasien kasus terbanyak ada di DKI Jakarta yakni 675 positif dan 68 meninggal. Menyusul Jawa Barat 149 positif dan 19 meninggal dunia.

(sur)