FOTO: Cara Swadaya Warga Bekasi Halau Corona

Safir Makki, CNN Indonesia | Rabu, 01/04/2020 21:08 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah pemukiman warga di Kota Bekasi membuat penyemprotan disinfektan mandiri. Mereka inisiatif bergerak untu mencegah virus corona masuk.

Mengenakan jas hujan plastik, masker dan tabung penyemprotan, warga permukiman di kawasan Pekayon, Bekasi, Jawa Barat, bergantian berjaga selama 24 jam melakukan penyemprotan disinfektan bagi warga dan pendatang yang datang. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Selain melakukan penyemprotan disinfektan, warga juga menutup pintu akses pemukiman dan membatasi lalu lalang warga yang tidak berkepentingan, untuk mencegah virus corona. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Tak perlu menunggu suntikan dana dari pemerintah, warga membuat bilik sterilisasi secara swadaya demi kesehatan. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Fenomena kerja swadaya ini ada di sejumlah titik di wilayah Bekasi. Seperti di kawasan Jati Asih, permukiman Kemang Pratama 2, Taman Peninsula, dan perumahan Nasio. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Warga, berbekal dana yang digalang secara swadaya, dituntut kreatif sekaligus berani ambil risiko. Salah satunya dengan memanfaatkan jas hujan plastik dan masker seadanya saat melakukan penyemprotan disinfektan. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Gerbang masuk sebuah area dadakan diubah menjadi tempat penyemprotan disinfektan bagi warga yang datang dengan kendaraan roda empat. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Memanfaatkan kipas angin uap air, sebuah perumahan mengharuskan pendatang masuk ke bilik sterilisasi disinfektan sebelum masuk ke perumahan warga. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Orang yang masuk bilik disinfektan wajib melepaskan semua barang bawaannya seperti  tas, jaket, helm, untuk disemprot disinfektan. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Warga pun tak luput dari pemeriksaan suhu tubuh sebelum memasuki perumahan sepulang dari beraktifitas di luar. Semua dilakukan secara swadaya, tak menunggu bantuan pemerintah. (CNNIndonesia/Safir Makki)