Pemerintah Terima Donasi untuk Corona Rp66,5 M

CNN Indonesia | Kamis, 02/04/2020 06:38 WIB
Pemerintah Terima Donasi untuk Corona Rp66,5 M Juru bicara pemerintah khusus Covid-19 Achmad Yurianto mengucapkan terima kashi atas donasi yang diberikan masyarakat sebesar Rp66 M(ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA
Jakarta, CNN Indonesia -- Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 menerima sumbangan dana sebesar Rp66,5 miliar dari masyarakat untuk menangani kasus pandemi virus corona. Dana dari dua rekening, masing-masing sebesar 26,6 M, rekening relawan sebesar 40 M.

Hal itu diungkapkan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto di Gedung Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Rabu (1/4).

"Kami bersyukur bahwa kepedulian masyarakat baik secara individu maupun kelompok telah mendonasikan lebih dari Rp 66,5 miliar sampai saat ini kepada rekening Gugus Tugas dan rekening relawan dalam rangka untuk menangani permasalahan ini secara komprehensif," ucapnya lewat keterangan resmi yang diterima CNNIndonesia.com.


Yuri menuturkan dana bantuan itu bakal dialokasikan untuk membeli kebutuhan para tenaga medis yang merawat para pasien Covid-19. Sejumlah kebutuhan yang akan disiapkan antara lain, alat pelindung diri (APD), kebutuhan pangan para tenaga medis, hingga vitamin untuk menunjang kesehatan para tenaga medis.
[Gambas:Video CNN]
Yuri menambahkan pihaknya mencatat ada 5 ribu petugas medis yang saat ini diterjunkan langsung ke lapangan melakukan penelusuran kontak kasus penyebaran positif Covid-19. Ia berharap jumlah terus bertambah.

"Dari kasus yang kita dapatkan dan kemudian menelusuri kontak dekat yang ada, ini sudah melibatkan 5000 petugas kesehatan yang terjun ke tengah- tengah masyarakat untuk melakukan penyelidikan epidemologi," ungkap Yuri.

Sementara itu, ia mengumumkan jumlah kasus Covid-19 di Indonesia meningkat per Rabu (1/4). Jumlah pasien positif terinfeksi virus corona di Indonesia kini mencapai 1.677 kasus. Dari jumlah itu, korban meninggal mencapai 157 jiwa, dan jumlah yang sembuh 103 orang.
(thr/bmw)