Kemenag Siapkan Rp319 Miliar untuk Bantu Penanganan Corona

CNN Indonesia | Kamis, 02/04/2020 23:45 WIB
Kemenag Siapkan Rp319 Miliar untuk Bantu Penanganan Corona Menteri Agama Fachrul Razi. (CNN Indonesia/ Feri Agus Setyawan).
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Agama  Fachrul Razi menyatakan pihaknya telah menyiapkan alokasi ulang anggaran sebesar Rp319 miliar untuk membantu penanganan wabah virus corona. Saat ini anggaran Rp319 miliar itu tengah diajukan Kemenag ke Kementerian Keuangan untuk direvisi.

"Kemenag sudah melakukan refocussing anggaran APBN untuk membantu penanganan pandemi Covid-19. Ada Rp319 miliar anggaran yang telah disiapkan," ujarn Fachrul dalam keterangan rilis yang diterima CNNIndonesia.com, Kamis (2/4).

Fachrul menambahkan, pihaknya melalui Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kemenag bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznaz), Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) dan Badan Wakaf Indonesia (BWI) juga telah menyalurkan bantuan Rp5 miliar.


Ia merinci bantuan Rp5 miliar tersebut diberikan kepada RS Haji sebesar Rp3 miliar dan RS UIN Syarif Hidayatullah sebesar Rp2 miliar.


"Bantuan yang diberikan dalam bentuk Alat Pelindung Diri (APD) serta uang tunai," ujar mantan Wakil Panglima TNI ini.

Selain itu, lanjut Fachrul, Kemenag juga akan mendorong optimalisasi zakat, sedekah, infaq dan wakaf (Ziswaf) untuk membantu sesama umat beragama di tengah wabah virus corona.

"Kementerian Agama akan mendorong pengoptimalan peran zakat, sedekah, infaq dan waqaf dalam membantu sesama antar umat beragama yang membutuhkan di tengah Covid19," ujarnya.


Kemudian Fachrul juga menyampaikan telah menyiapkan beberapa hal untuk membantu penanganan Covid19. Salah satunya adalah alih fungsi asrama haji.

"Kemenag menyiapkan asrama haji untuk digunakan sebagai ruang isolasi Pasien Dalam Pemantauan (PDP) Covid19, menghimpun dana donasi dari ASN dan masyarakat, juga menyiapkan WA Center Kemenag Sigap Covid19," kata Fachrul.

[Gambas:Video CNN] (mel/osc)