MUI Ajak Ormas Islam Dukung Kebijakan Jokowi Atasi Corona

CNN Indonesia | Jumat, 03/04/2020 02:15 WIB
MUI Ajak Ormas Islam Dukung Kebijakan Jokowi Atasi Corona Wakil Ketua MUI Zainut Tauhid ajak ormas dan tokoh Islam mendukung kebijkan Jokowi atasi virus corona. (CNN Indonesia/ Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Majelis Ulama Indonesia (MUI) mendukung kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menetapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sebagai langkah mencegah penyebaran virus corona (Covid-19).

Wakil Ketua Umum MUI Zainut Tauhid Sa'adi meminta agar seluruh organisasi kemasyarakatan (ormas) dan tokoh Islam untuk mendukung kebijakan PSBB dengan aktif melalui narasi keagamaan yang konstruktif.
"MUI mengimbau seluruh Pimpinan ormas Islam, tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk turut aktif bekerja sama mendukung kebijakan Presiden tentang PSBB," kata Zainut dalam keterangan resminya, Kamis (2/4)

Zainut menilai kebijakan PSBB Jokowi bertujuan untuk menjaga aspek kesehatan masyarakat dan dunia usaha. Kebijakan tersebut juga menyiapkan jaring pengaman sosial untuk masyarakat lapisan bawah.
MUI Ajak Ormas Islam Dukung Kebijakan Jokowi Atasi CoronaFoto: CNNIndonesia/Basith Subastian
Lebih lanjut, Zainut mengajak seluruh umat Islam, khususnya yang berkecukupan untuk membantu masyarakat tak mampu dengan menunaikan zakat, infaq atau sedekah.


Wakil Menteri Agama itu juga meminta lembaga-lembaga filantropi Islam bersinergi untuk mengoptimalkan gerakan Zakat Infak, Sedekah, dan Wakaf (Ziswaf).

Menurutnya, bantuan tersebut dapat meringankan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokoknya, sekaligus menjadi jaring pengaman sosial akibat dampak wabah virus corona.

"Covid-19 ujian sekaligus momentum untuk saling berbagi, menguatkan solidaritas nasional. Umat menunggu peran fundamental Ziswaf dalam membantu dan memberdayakan masyarakat," ujarnya.
[Gambas:Video CNN]
Sebelumnya, Jokowi juga sudah meminta tokoh agama dilibatkan untuk mensosialisasikan penerapan jaga jarak aman dan pentingnya cuci tangan demi mencegah persebaran virus corona. Jokowi pun menetapkan kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). (rzr/fra)