Gejala Corona, Wanita Asal Lumajang Sempat Kabur di Aceh

CNN Indonesia | Kamis, 02/04/2020 20:14 WIB
Gejala Corona, Wanita Asal Lumajang Sempat Kabur di Aceh Ilustrasi. (Foto: ANTARA FOTO/Irwansyah Putra)
Banda Aceh, CNN Indonesia -- Seorang wanita asal Lumajang, Jawa Timur dibawa tim medis di Aceh lantaran mengalami batuk seperti gejala virus corona (Covid-19). Dia mengaku datang dari Malaysia dan sempat berusaha kabut dari mobil ambulans.

"Dari pengakuan wanita itu, ia baru pulang dari Malaysia menggunakan kapal," ujar Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol Trisno Riyanto saat dihubungi, Kamis (1/4).

Mulanya, wanita tersebut membeli paket internet di salah satu warung di kawasan Lambaro, Aceh Besar. Pedagang merasa aneh karena wanita itu mengalami batuk terus menerus dan wajah tampak lelah.


Merasa khawatir wanita itu terpapar virus corona, pedagang tersebut memberi tahu kepala desa dan puskesmas setempat. Tim medis lengkap dengan alat pelindung diri (APD) lalu menjemput wanita itu dengan mobil ambulance.

Wanita itu lalu di bawa ke Rumah Sakit Umum Zainal Abidin (RSUZA) untuk diperiksa. Namun, di tengah perjalanan, dia membuka pintu ambulans dan mencoba kabur. Dia lalu ditangkap kembali oleh tim medis.
[Gambas:Video CNN]
Trisno mengatakan wanita itu mengaku dari Malaysia. Sempat bertanya ke warga menanyakan arah menuju pelabuhan di Banda Aceh.

Dia mengaku ingin berangkat ke Meulaboh, sementara ia baru saja sampai dari Malaysia menggunakan kapal.

"Sudah dibawa petugas puskesmas ke RSUZA. Data yang diperoleh, dari Kabupaten Lumajang, Jawa Timur," kata Trisno.

Sebelumnya, pemerintah pusat memerintahkan kepala daerah untuk mengisolasi warga dari luar negeri jika mengalami gejala mirip virus corona. Hal serupa harus diterapkan kepada tenaga kerja Indonesia yang bekerja di Malaysia guna menekan penyebaran corona.

Virus corona sendiri sejauh ini telah menginfeksi 1.790 orang di Indonesia per Kamis (2/4). Sebanyak 170 orang di antaranya meninggal dunia dan ada 112 dinyatakan sembuh.
(dra/bmw)